Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > XL Axiata; Pulihkan Jaringan di Lombok Utara

XL Axiata; Pulihkan Jaringan di Lombok Utara

Iptek | Senin, 6 Agustus 2018 | 14:45 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata; Pulihkan Jaringan di Lombok Utara

XL Axiata; Pulihkan Jaringan di Lombok Utara

Segera salurkan bantuan darurat untuk korban gempa, ajak pelanggan berdonasi

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya dalam kondisi tetap dapat digunakan, baik untuk layanan telepon, SMS maupun data/internet.

Khusus untuk wilayah Lombok Utara yang menjadi titik pusat gempa 7 SR pada Minggu malam (5/8/2018), layanan mengalami kendala karena dampak gempa yang sangat kuat sehingga mengakibatkan aliran listrik padam. Tim XL Axiata di lapangan langsung melakukan upaya pemulihan setelah layanan terdeteksi terganggu. Tim terus bekerja semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan di Lombok Utara. Hingga Senin (6/8/2018) siang ini, sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Akses komunikasi berangsur kembali ke normal.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D.Yosetya, mengatakan tim bekerja keras untuk memulihkan layanan yang tergangggu pasca gempa, terutama di Lombok Utara. Berbagai upaya akan dilakukan agar jaringan bisa segera pulih dan bisa membantu akses komunikasi, terutama proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait.

Yessie menginformasikan, meski gempa juga terasa kuat di sebagian besar Lombok hingga Bali dan Sumbawa, namun gangguan jaringan terutama di Lombok Utara. Untuk wilayah Lombok yang lain, layanan XL Axiata tetap beroperasi dengan baik.

Menurut Yessie, beberapa BTS sempat padam sesaat setelah gempa, namun lebih karena terputusnya aliran listrik. BTS-BTS ini segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan. Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu. Tim XL Axiata di lapangan masih bersiaga untuk mengantisipasi gempa susulan. Tim teknis juga menyiapkan opsi lainnya berupa redirect coverage dan kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.

Hingga Senin siang, jaringan XL Axiata di Lombok Utara berangsur normal kembali, termasuk di area Tanjung yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara. Pelanggan sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data. Seiring dengan aliran listrik yang sudah menyala lagi, semakin banyak BTS yang bisa beroperasi lagi.

Menurut Yessie, sebelumnya tim mengalami kendala untuk menghidupkan lagi BTS yang padam, karena genset mulai kehabisan solar, padahal akses jalan untuk mengirim solar ke BTS-BTS tersebut juga sulit ditembus karena dampak gempa.

Di wilayah Lombok Utara, XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS, lebih dari 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara di provinsi NTB, terdapat lebih dari 2.900 BTS, 790 BTS di antaranya 4G LTE yang melayani lebih dari 2 juta pelanggan.

Selain berusaha keras menangani jaringan, tim hari ini juga segera mengantarkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Sementara ini, bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah Lombok Utara yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi. Bantuan antara lain berasal dari Axiata Group, perusahaan induk XL Axiata.

Bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, tenda dan penunjang kesehatan bagi korban selama di pengungsian, seperti peralatan mandi. Untuk menyalurkan bantuan, XL Axiata berkoordinasi dengan aparat terkait, termasuk tim relawan. Bantuan lainnya berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat ini akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan sehingga bisa dimanfaatkan warga maupun aparat penanganan bencana.

Bagi pelanggan yang hendak memberikan donasi bagi korban gempa Lombok, XL Axiata menyiapkan program “SMS Donasi” dengan pulsa XL atau AXIS sebesar Rp 1000-Rp. 200.000. Caranya kirim SMS ke 6116: Donasi<spasi>PEDULILOMBOK<spasi>nominal (1000 - 200.000). Atau via umb: *123*6116# pilih PEDULILOMBOK dan ikuti petunjuk. Program ini berlangsung mulai 6 Agutustus - 31 Oktober 2018. Informasi seputar program dan penyaluran bantuan bisa dilihat di www.xl.co.id/XLaluberbagi.

Hasil donasi akan disalurkan dalam bentuk program bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. Penyaluran akan dilakukan melalui lembaga sosial yang kredibel dan terpercaya yang selama ini bekerja sama dengan XL Axiata.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER