Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > XL Axiata Perkuat Pondasi Pertumbuhan; Gencar Bangun Jaringan di Luar Jawa

XL Axiata Perkuat Pondasi Pertumbuhan; Gencar Bangun Jaringan di Luar Jawa

Hiburan | Sabtu, 7 September 2019 | 17:31 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata Perkuat Pondasi Pertumbuhan; Gencar Bangun Jaringan di Luar Jawa

XL Axiata Perkuat Pondasi Pertumbuhan; Gencar Bangun Jaringan di Luar Jawa

Infrastruktur jaringan data yang kuat di luar Jawa mampu tingkatkan kualitas layanan sekaligus menopang perusahaan dalam memperbesar pangsa pasar

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. terus memperkuat jaringan data berkualitas di luar Jawa sebagai langkah strategis untuk memperkokoh pondasi bisnis di masa depan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, meyakini infrastruktur jaringan data yang kuat di luar Jawa akan mampu meningkatkan kualitas layanan sekaligus menopang perusahaan dalam memperbesar pangsa pasar. XL Axiata juga akan terus memaksimalkan manfaat produk layanan data melalui penerapan strategi dual brand.

“Kami akan terus menjalankan strategi 3R dengan terus mengembangkan dan memperluas infrastruktur jaringan khususnya di luar Jawa, serta melanjutkan strategi dual brand yang terbukti mampu memberikan hasil sangat bagus bagi XL Axiata dalam 3 tahun terakhir. Hingga saat ini kami on track, berada di jalur yang kami rencanakan dan terbukti mampu membuahkan kinerja yang diharapkan. Kami yakin, tren pertumbuhan yang kami raih sepanjang 1H 2019 lalu akan terus berlanjut hingga akhir tahun,” ujarnya.

Dian menambahkan, hingga memasuki semester II/2019, 60% capex tahun ini telah terserap, yang sebagian besar untuk melanjutkan perluasan jaringan data di banyak area luar Jawa yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan. Fokus pada perluasan jangkauan di luar Jawa telah memberikan hasil yang sepadan. Trafik dari luar Jawa meningkat pesat dan mendorong pertumbuhan pendapatan.

Ia menyebutkan, selama semester I/2019, XL Axiata telah menyelesaikan 90% dari target rollout jaringan dengan sekitar 19.000 BTS baru, sebagian besar berada di luar Jawa. Kini layanan 4G tersedia di 292 kota/kabupaten di luar Jawa dengan lebih dari 14.000 BTS 4G di luar Jawa, dari total 408 kota/kabupaten di Indonesia yang ditopang lebih dari 37.000 BTS 4G.

Diharapkan hingga akhir 2019 nanti akan mampu memberikan layanan 4G ke sekitar 440 kota/kabupaten dan jumlah BTS mencapai lebih dari 135.000 unit. Dengan demikian, layanan XL Axiata akan mencapai sekitar 95% dari populasi Indonesia.

XL Axiata juga gencar melaksanakan fiberisasi jaringan di Jawa maupun luar Jawa. Fiberisasi akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan transport hingga lebih dari 5x lipat dibandingkan transport bukan fiber. Berdasarkan tren kenaikan trafik data XL Axiata dalam dua tahun terakhir, kenaikan di Jawa sudah lebih dari 5x lipat dan di luar Jawa rata-rata 3x lipat. Untuk itu, peningkatan kapasitas melalui fiberisasi menjadi kebutuhan yang urgen guna menjaga kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data dan internet.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah mencapai sekitar 30% dari total jaringan dan mencakup semua ibu kota provinsi serta kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok. Kota atau area-area tersebut memang sudah memerlukan jaringan fiber, karena mengalami pertumbuhan data yang signifikan. Target XL Axiata, hingga akhir tahun ini, 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber yang akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70% pada akhir 2020.

Untuk memperkuat infrastruktur di luar Jawa, XL Axiata memanfaatkan program Universal Service Obligation (USO). XL Axiata telah memenangkan tender pembangunan jaringan USO di 250 titik di 51 kabupaten, sebagian besar di kawasan tengah dan timur Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua. Realisasi pembangunan akan dilaksanakan pada tahun ini hingga tahun depan berupa jaringan 4G. XL Axiata juga akan memanfaatkan keberadaaan backbone fiber optik Palapa ring barat, tengah dan timur untuk perluasan jaringan ke luar Jawa.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER