XL Axiata Gelar Layanan 4G LTE; Di Sumbawa

XL Axiata Gelar Layanan 4G LTE; Di Sumbawa

XL Axiata Gelar Layanan 4G LTE; Di Sumbawa

Pertumbuhan layanan data di Sumbawa signifikan

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. meningkatkan kenyamanan pelanggan atas kebutuhan penggunaan internet di berbagai pelosok Nusa Tenggara Barat (NTB), di antaranya di Pulau Sumbawa.

Dari sekitar 200.000 jumlah pelanggan di Sumbawa, 65% di antaranya aktif menggunakan layanan data. Trafik data terus meningkat, sehingga XL Axiata menggelar layanan internet cepat 4G LTE di Sumbawa.

Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan pihaknya menghadirkan layanan ini, karena pertumbuhan layanan data di Sumbawa signifikan, seiring tumbuhnya pengguna smartphone. Hingga akhir 2018 mendatang, XL Axiata menargetkan pelanggan sebanyak 400.000 di Sumbawa.

“Kami fokus untuk meningkatkan layanan data, agar masyarakat dapat manfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas di berbagai bidang, termasuk ekonomi daerah melalui bisnis perorangan maupun UKM. Sumbawa juga memiliki potensi besar di bidang pariwisata,” ujarnya.

Guna menopang layanan 4G LTE, telah terpasang lebih dari 60 unit BTS dan akan terus bertambah sampai akhir tahun, yang tersebar di area Kabupaten & Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Dompu dan Sumbawa Besar. Masing-masing titik BTS tersebar di pusat kota yang meliputi area publik dan komplek pemerintahan, pusat ekonomi lokal, alun-alun dan sekolah. Sebagian area pemukiman di masing-masing kota juga menjadi prioritas.

XL Axiata juga telah menyediakan perdana baru yang yang manfaatnya adalah bebas telpon dan SMS kapan saja ke sesama XL serta bonus telpon ke operator lain. Selain itu ada paket data terbaru yaitu Xtra Combo Lite 4,5GB, 8GB dan 11GB. Paket ini bertujuan memberikan pengalaman lebih baik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan data.

Di NTB, layanan 4G LTE sudah lebih dulu hadir di kota/kabupaten Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara. Sejak saat itu, jumlah pelanggan 4G LTE terus meningkat yang saat ini mencapai sekitar 700 ribu atau 33% dari jumlah pelanggan. Sementara itu jumlah pelanggan data sekitar 1,5 juta. Di seluruh NTB, pelanggan 4G dilayani oleh lebih dari 700 unit BTS 4G.

Sementara itu, bagi pelanggan data di area yang belum terlayani 4G LTE, layanan data bisa diakses melalui layanan 3G U900. Di seluruh NTB, layanan 3G U900 ini didukung oleh lebih dari 1.600 BTS 3G. Kota/kabupaten yang telah terlayani 3G U900 meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Kota & Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Dompu dan Sumbawa Besar.

Penulis: Natalia Trijaji