XL Axiata; Fokus Jalankan Strategi 3R

XL Axiata; Fokus Jalankan Strategi 3R

XL Axiata; Fokus Jalankan Strategi 3R

Pendapatan data dorong pencapaian kinerja positif pada Q1 / 2018

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. mengumumkan pencapaian kinerja kuartal pertama tahun 2018 dengan meraih pertumbuhan positif dan berhasil terus meningkatkan kontribusi pendapatan layanan data. Hingga saat ini pertumbuhan layanan data mencapai 77% terhadap total pendapatan layanan, naik dari 63% pada periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menyebutkan pada Q1/2018, XL Axiata meraih pendapatan Rp.5,5 triliun, meningkat sebesar 4% YoY, yang didorong meningkatnya pertumbuhan layanan data. Inovasi produk dan peningkatan kualitas jaringan data telah berhasil mendorong pertumbuhan layanan data sebesar 29% YoY pada kuartal pertama.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari tetap berfokusnya kami pada strategi untuk memperkuat proposisi layanan data melalui penerapan dual-brand yang disertai dengan penguatan jaringan secara berkelanjutan termasuk pembangunan jaringan data secara massif di luar Jawa,” ujarnya.

Earnings Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) juga menunjukkan peningkatan sebesar 7% YoY menjadi Rp.2 triliun dengan marjin meningkat 1% menjadi 36.1%, sebagai hasil dari tumbuhnya pendapatan dan berfokusnya perusahaan dalam mengelola biaya operasional. Perusahaan juga mencatat laba bersih sebesar Rp.15 milliar.

Dari sisi neraca terlihat cukup kuatnya fundamental keuangan perusahaan dengan tingkat hutang terhadap EBITDA pada posisi yang aman yaitu 1.5x dan cash flow dalam posisi yang juga positif. Pada Q1/2018 ini, XL Axiata telah melakukan pembayaran kembali hutang sebesar Rp.1,5 triliun melalui skema refinancing dan semua hutang XL Axiata telah dalam status terlindungi (fully hedged).

Peningkatan pendapatan data juga tidak lepas dari terus bertambahnya pelanggan yang menggunakan layanan data. Kini pelanggan XL Axiata yang telah menggunakan smartphone mencapai 74% dari total pelanggan atau sekitar 40,1 juta pelanggan, meningkat cukup signifikan sebesar 28% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hasil dari perluasan jaringan sepanjang Q1/2018, XL Axiata telah menambah area yang kini terlayani layanan 4G menjadi 373 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, meningkat dari 360 kota pada akhir 2017 lalu. Total BTS 4G yang dimiliki XL Axiata kini mencapai sekitar 20 ribu unit. Untuk BTS 3G, kini telah mencapai hampir 48 ribu unit di lebih dari 400 kota/kabupaten. Jumlah BTS yang kini dimiliki XL Axiata mencapai 105 ribu.

XL Axiata juga menerapkan teknologi untuk meningkatkan kualitas jaringan seperti Network Function Virtualization Core dan 4G Spectrum Wideband. Juga diterapkan beberapa teknologi 4.5G, meliputi LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM dan 4T4R 4x4 MIMO. Penerapan semua teknologi tersebut bertujuan memberikan layanan data dan internet yang lebih stabil dan meningkatkan kecepatan akses hingga 100Mbps.

Pencapaian kinerja perusahaan yang tetap solid sepanjang Q1/2018 ini menunjukkan implementasi agenda transformasi yang dilakukan sudah berada pada jalur yang tepat. Agenda tersebut terdiri dari Revamp, Rise dan Reinvent. Revamp – mengubah model bisnis pencapaian pelanggan dari volume menjadi value disertai strategi distribusi serta perbaikan portofolio produk untuk meningkatkan pendapatan. Rise – meningkatkan nilai brand XL dan menggunakan strategi dual-brand dengan AXIS untuk menyasar berbagai segmen pasar yang berbeda. Reinvent – menumbuhkan berbagai inovasi bisnis melampaui model bisnis yang digunakan saat ini.

Penulis: Natalia Trijaji