Wings Surya Donasikan 4 Unit Swab Station; kepada Pemkot Surabaya

Wings Surya Donasikan 4 Unit Swab Station; kepada Pemkot Surabaya

Wings Surya Donasikan 4 Unit Swab Station; kepada Pemkot Surabaya

Bantu tenaga medis tangani pasien Covid-19

Surabaya, Kabarindo- PT Wings Surya sebagai perusahaan manufaktur yang berasal dari Jawa Timur turut mendukung pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19. Perusahaan ini melalui Yayasan Wings Peduli Kasih mendonasikan 4 unit Swab Station kepada pemerintah Kota Surabaya.

Penyerahan Swab Station dilakukan secara simbolis oleh General Affairs PT Wings Surya, Timotius Martin, kepada Kepala Bagian Administrasi Kerja Sama Pemkot Surabaya, Dewi Wahyu Wardani, pada Rabu (2/9/2020).

Oucky Hertanto, General Affairs PT Wings Surya, mengatakan donasi tersebut merupakan wujud kepedulian pihaknya terhadap tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Banyak tenaga medis yang terpapar karena kontak langsung dengan pasien Covid-19. Swab Station ini diharapkan dapat meminimalisir tingkat resiko penularan ketika melakukan swab test,” ujarnya.

Oucky menambahkan, Swab Station tersebut bisa ditempatkan di fasilitas kesehatan (faskes) hingga rumah sakit. Ia mengapresiasi, di Surabaya semakin banyak spesimen yang diambil melalui metode swab test hingga faskes tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Hal tersebut kami apresiasi agar pandemi Covid-19 di Surabaya semakin menurun seiring dengan tingkat kesembuhan pasien yang semakin tinggi,” ujarnya.

Oucky mengatakan, tidak menutup kemungkinan untuk menambah unit Swab Station bila ada permintaan dari Pemkot Surabaya. “Kami terbuka. Jika memang Pemkot Surabaya membutuhkan lagi, akan kami berikan,” ujarnya.

Oucky menjelaskan, Swab Station tersebut dikerjakan sendiri oleh Wings Surya sesuai Standar Nasional Indonesia. Setiap unit membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 3 minggu. Ukurannya panjang 1,2 meter, lebar 1 meter dan tinggi 2 meter, dilengkapi AC portable sehingga nyaman bagi tenaga medis yang bertugas.

“Swab Station seperti ini sudah dipakai di negara-negara lain. Di Asia misalnya di Thailand dan Vietnam,” ujarnya.

Sebelumnya, Yayasan Wings Peduli Kasih juga mendonasikan total 35 unit Swab Station kepada rumah sakit di Surabaya seperti RS Adi Husada, RKZ, RS Siloam serta beberapa rumah sakit di Gresik, Bangil dan Bali.

Selain itu, Wings Surya telah mengirimkan bantuan 200 APD untuk tenaga medis di Surabaya. Bantuan lain berupa 3.000 liter Nuvo sabun anti-bakteri kepada Pemkot Surabaya untuk mengisi wastafel-wastafel portable di Surabaya.

Penulis: Natalia Trijaji