Urban Athletes Punya Falcon Program; Latihan dengan Gerakan Simple namun Energik

Urban Athletes Punya Falcon Program;  Latihan dengan Gerakan Simple namun Energik

Urban Athletes Punya Falcon Program; Latihan dengan Gerakan Simple namun Energik

Lakukan gerakan-gerakan sehari-hari, bakar 600 kalori dalam 50 menit

Surabaya, Kabarindo- Urban Athletes menawarkan program latihan baru, Falcon, bagi para pecinta olahraga untuk memiliki tubuh sehat dan bugar.

Owner Urban Athletes, Verawaty Budianto, mengatakan program tersebut bisa diikuti di club Urban Athletes di Gunawangsa MERR, Marvell City dan Gunawangsa Tidar, yang akan dipandu oleh coach Rivo, Adri dan Nisful.

Ia menjelaskan, Falcon termasuk ke dalam olahraga HIIT (High Intensity Interval Training). Latihan ini tidak dilengkapi dengan power lifting atau teknik lifting seperti crossfit. Falcon menekankan pada 3 faktor kunci yaitu motivasi, inovasi dan hasil.

Menurut Vera, tujuan program Falcon agar member termotivasi dan tertantang untuk mencapai hasil yang bagus. Latihan fungsional yang diterapkan Falcon dapat membantu memperbaiki performa gerak dalam sehari-hari yang sesuai dengan prinsip-prinsip biomekanika.

“Bermacam gerakan yang dilakukan selalu bervariasi setiap hari untuk cardio dan otot. Setiap kali latihan cukup 50 menit, namun mampu membakar lebih dari 600 kalori. Sebaiknya dilakukan minimal 3 kali seminggu agar hasilnya maksimal,” ujarnya.

Vera menjelaskan, gerakan-gerakan yang diterapkan dalam latihan Falcon adalah gerakan sehari-hari yang simple namun energik, seperti berdiri, jongkok, melompat, mendorong. Jadi relatif tidak berat, namun tetap membutuhkan kondisi yang fit.

“Falcon boleh dilakukan laki-laki maupun perempuan mulai usia 18-60 tahun asal dalam kondisi fit,” ujarnya.

Vera menambahkan, latihan dibagi dalam 3 kategori yaitu pemula, intermediate dan advance. Semua kategori menerapkan latihan dengan bermacam gerakan dengan intensitas tinggi. Bisa pula dengan tambahan alat beban. Namun untuk pemula, gerakan-gerakan yang dilakukan dalam kecepatan standar dan jeda istirahat standar pula. Sedangkan pada kategori intermediate dan advance, gerakan-gerakannya lebih cepat dengan jeda istirahat lebih singkat.

Latihan Falcon dilakukan bersama-sama member lain dalam kelas yang terdiri dari 12-20 orang. Member bisa mengikuti kelas pagi, siang atau malam. Namun menurut Vera, sebaiknya dilakukan pada pagi hari, karena kondisi tubuh paling bugar dan memiliki energi maksimal.

“Latihan diiringi musik, jadi bikin lebih semangat dan lebih menyenangkan bareng teman-teman satu kelas. Tiap hari berganti tema musik. Misalnya hari ini tema rock’n roll, besok cha-cha, lusa Bollywood,” ujar Vera.

Penulis: Natalia Trijaji