Tren Belanja di Shopee Meningkat; Selama Ramadhan dan Pandemi COVID-19

Tren Belanja di Shopee Meningkat; Selama Ramadhan dan Pandemi COVID-19

Tren Belanja di Shopee Meningkat; Selama Ramadhan dan Pandemi COVID-19

Permintaan untuk produk perlengkapan rumah, makanan dan minuman, kebutuhan ibu dan bayi meningkat

Surabaya, Kabarindo- Setelah imbauan physical distancing diberlakukan, terdapat perubahan tren perilaku berbelanja pada masyarakat.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, mengatakan tahun 2020 mengubah cara masyarakat menjalankan hidup sehari-hari, bekerja dan berbelanja. Upaya untuk memutus penyebaran COVID-19 dengan beraktivitas dari rumah membuat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensial, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan hingga perlengkapan ibu dan bayi.

“Melihat pentingnya peran e-commerce dalam kehidupan masyarakat saat ini, kami akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja,” ujarnya.

Handhika memaparkan, kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat sejak ada imbauan physical distancing. Mitra brand dan penjual di kategori perlengkapan rumah, makanan & minuman serta kebutuhan ibu & bayi mendapatkan lonjakan permintaan dari para pengguna. Karena itu Shopee memastikan ketersediaan stok barang dan berupaya menjaga harga produk untuk berada di taraf wajar dan sesuai dengan kondisi pasar.

Penerapan physical distancing juga meningkatkan kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan. Contohnya, ada peningkatan permintaan hampir 3x lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

Handhika menambahkan, kecantikan, muslim fashion dan handphone & aksesoris juga menjadi kategori terpopuler: Kecenderungan masyarakat untuk menjaga kebersihan rumah juga mendongkrak produk-produk pada kategori dekorasi rumah dan home & living.

“Kami tidak hanya memberikan kemudahan berbelanja online, tapi juga mengajak masyarakat untuk turut merayakan Ramadhan secara efektif. Kampanye Big Ramadhan Sale telah diterima dengan baik. Ini terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para pengguna kami yang berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh para penjual dan mitra brand kami,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji