Tiaranisa'i Fadhilla Mahasiswa Termuda Di ITS; Berusia 15 Tahun

Tiaranisa'i Fadhilla Mahasiswa Termuda Di ITS; Berusia 15 Tahun

Tiaranisa'i Fadhilla Mahasiswa Termuda Di ITS; Berusia 15 Tahun

Menjalani program akselerasi semasa duduk di SMPN 4 Kediri dan SMAN 2 Kediri

Surabaya, Kabarindo- Tiaranisa'i Fadhilla menjadi calon mahasiswa baru termuda yang melakukan daftar ulang di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Tiara kelahiran Kediri, 1 Desember 2002, atau masih berusia 15 tahun 5 bulan. Ia diterima di Departemen Statistika ITS dan mendaftar ulang ditemani ibunya. Gadis ini menjelaskan, ia menjalani program akselerasi semasa duduk di bangku SMPN 4 Kediri dan SMAN 2 Kediri.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi mahasiswa termuda di ITS,ujar gadis berhijab ini.

Tiara menuturkan, sejak dulu ia memang ingin bisa kuliah pada usia belia. Baginya, waktu harus dimanfaatkan sebaik mungkin. “Sayang kalau hanya malas-malasan,” ujarnya.

Tiara menceritakan perjuangannya hingga dapat memasuki kampus ITS. Kecintaannya pada pelajaran matematika dan statistika saat SMA berhasil membawanya masuk S1 Departemen Statistika ITS. Namun ia harus membujuk ibunya, Enik Sukamti, lebih dulu. Si ibu ingin Tiara masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Namun melihat semangat putrinya untuk masuk Statistika ITS, akhirnya hatinya luluh dan menyetujui. Enik bangga melihat Tiara berhasil masuk Statistika ITS melalui jalur SNMPTN.

“Saya tidak ingin membebani Tiara dengan belajar terus. Dia sendiri memang tekadnya kuat dan giat belajar. Sering mengikuti lomba bidang statistika saat di SMA,” tutur si ibu.

Tiara bertekad akan belajar sebaik mungkin dan berprestasi selama kuliah di ITS. Ia bercita-cita menjadi dosen. “Ini adalah impian saya. Tidak akan saya sia-siakan,” tekadnya.

Penulis: Natalia Trijaji