Tengkleng Kurma & Smooties Bit Kurma; Sajian Spesial Ramadhan Di Santika Pandegiling

Tengkleng Kurma & Smooties Bit Kurma; Sajian Spesial Ramadhan Di Santika Pandegiling

Tengkleng Kurma & Smooties Bit Kurma; Sajian Spesial Ramadhan Di Santika Pandegiling

Terbuat dari kurma untuk pulihkan stamina

Surabaya, Kabarindo- Berbuka bersama keluarga, sahabat, rekan kerja atau komunitas menjadi momen yang dinantikan untuk menyantap hidangan lezat setelah seharian menahan dahaga dan lapar.

Hotel Santika Pandegiling Surabaya menyajikan buffet dinner bertema Cahaya Ramadhan di Resto Kemangi mulai 15 Mei-14 Juni 2018. Selain buffet, hotel ini menawarkan Tengkleng Kurma dari tulang kaki sapi bagian lutut dan Smooties Bit Kurma kreasi Executive Sous Chef Ervien Triana. Sambil bersantap, tamu dihibur oleh live music yang melantunkan lagu-lagu religi.

Ia mengatakan, dirinya menggunakan kurma sebagai salah satu bahan, karena buah ini biasanya banyak dijumpai dan dinikmati saat Ramadhan dan Lebaran. Kurma juga bermanfaat bagi kesehatan.

“Kurma kan identik dengan Ramadhan sebagai sajian takjil, juga biasanya disajikan saat Lebaran. Nah, kali ini kurma saya gunakan sebagai salah satu bahan untuk menu Tengkleng Kurma dan minuman Smooties Bit Kurma,” ujarnya.

Chef Ervien menggunakan kurma sebagai pengganti gula, karena sudah manis. Kurma juga bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung vitamin yang tinggi serta mampu mengembalikan stamina dan energi setelah seharian berpuasa. Menurut ia, kurma juga berkhasiat membersihkan ginjal, mencegah kolesterol dan timbulnya kanker.

Chef Ervien memadukan kurma dengan tulang kaki sapi dan lontong menjadi menu tengkleng yang lezat. Jika tengkleng identik dengan kambing, ia menggantinya dengan sapi yang kandungan kolesterolnya tidak sebesar kambing.

Selain tulang kaki sapi, bahan dan bumbu tengkleng adalah minyak, bawang merah, bawang putih, kunir, jahe, laos, cabe rawit, sereh, cengkeh, kayu manis, kapulaga, daun salam dan daun jeruk. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunir, jahe dan laos. Panaskan minyak kemudian masukkan sereh yang digeprek, daun salam dan daun jeruk ke dalamnya. Disusul cengkeh, kayu manis, kapulaga dan cabe rawit serta bumbu yang dihaluskan. Sementara itu rebus tulang kaki sapi selama 4-5 jam dalam air sampai menutup tulang. Lalu masukkan santan 100 cc dan bumbu tadi. Sajikan panas-panas dengan lontong kurma, emping, sambal dan jeruk nipis. Hmm...sedap.

Untuk minuman, Smooties Bit Kurma pas sebagai pendamping Tengkleng Kurma. Minuman ini mampu menyegarkan tenggorokan dan terasa manis alami. Cara membuatnya mudah. Kurma 50 gram diblender dengan 1 buah bit dan 1 buah jeruk nipis. Siap diseruput. Hmm...segar.

Penulis: Natalia Trijaji