Teknologi Percetakan Mutakhir; Ramaikan Surabaya Printing Expo 2019

Teknologi Percetakan Mutakhir; Ramaikan Surabaya Printing Expo 2019

Teknologi Percetakan Mutakhir; Ramaikan Surabaya Printing Expo 2019

Mampu cetak di berbagai media dalam beragam ukuran

Surabaya, Kabarindo- Mesin-mesin percetakan dengan teknologi mutakhir memenuhi area Surabaya Printing Expo (SPE) 2019 di Grand City Surabaya yang akan berlangsung selama Kamis-Minggu, 1-4 Agustus 2019.

Pameran ini diselenggarakan oleh Krista Exhibitions sebagai event ke-14 dan merupakan pameran terbesar dalam teknologi percetakan di Indonesia Timur.

Event tersebut diikuti lebih dari 110 peserta lokal dan dari 9 negara. Daud D.Salim, CEO PT Kristamedia Pratama, menyebutkan jumlah peserta tahun ini meningkat dibandingkan pada tahun lalu yang mencapai 75 perusahaan.

Dalam pameran tersebut ditampilkan mesin-mesin percetakan seperti mesin cetak / offset, cetak digital, cetak tekstil, sablon, jasa cetak, alat-alat cetak terkini dan penyediaannya serta teknologi percetakan yang mutakhir.

Menurut Direktur Industri Kimia Hilir & Farmasi Kementrian Perindustrian, Taufiek Bawazier, dalam sambutannya pada pembukaan Surabaya Printing Expo 2019, pameran ini merupakan event yang tepat saat memasuki revolusi industri ke-4.

Ia mengatakan, sektor printing bukan hanya mencakup teknologi, namun juga inovasi. Di era digital printing saat ini, sektor ini harus mampu menghadapi tantangan untuk mengikuti perubahan zaman agar tidak tertinggal.

“Printing kini sudah memasuki banyak aspek kehidupan, mewarnai aktivitas sehari-hari termasuk gaya hidup. Ini harus diakomodasi,” ujar Taufiek.

Ia berharap, pameran tersebut dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha printing. Ia menekankan, teknologi printing harus digerakkan untuk menyumbang pertumbuhan ekonomi, khususnya ekonomi Jawa Timur.

Salah satu peserta pameran, PT Aneka Warna Indah menghadirkan mesin UV Flat Bed Printer ukuran 1,2 meter x 2,4 meter seharga Rp.550 juta asal Cina. Domi, Sales Engineer perusahaan ini, menjelaskan mesin tersebut mampu mencetak di atas beragam media, mulai dari kertas, plastik, triplek hingga kayu.

“Mesin cetak ini baru kami launching. Mesin ini dioperasikan dengan komputer, bisa mencetak gambar apa saja dalam ukuran besar, termasuk gambar timbul,” ujarnya.

Domi menambahkan, UV Flat Bed Printer sudah dipesan oleh 3 perusahaan di Jakarta. Diharapkan, mesin cetak ini juga mendapat respon yang bagus dari para peminat dalam pameran di Surabaya.

Selama pameran berlangsung akan diadakan beragam seminar dan workshop yaitu sharing pengalaman dunia percetakan India, kemajuan dunia grafika India dalam menghadapi dunia digital oleh Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI). Juga seminar peluang bisnis kreatif dari teknologi 3D printing oleh Institut Informatika Indonesia, seminar 3D modeling oleh Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, seminar kiat sukses memadukan bisnis digital printing dengan apparel oleh Printgraphic dan seminar tips & tricks mengedit foto untuk cetakan ukuran besar oleh Sekolah Tinggi Teknik Surabaya. Selain itu ada workshop sablon kaos dengan printer laser oleh Variable in Extreme Dots Ellects, workshop creative print packaging for oleh Printpack serta workshop gold gilding oleh Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Penulis: Natalia Trijaji