Taiwan Bidik Wisatawan Muslim Indonesia; Gencarkan Produk Halal

Taiwan Bidik Wisatawan Muslim Indonesia; Gencarkan Produk Halal

Taiwan Bidik Wisatawan Muslim Indonesia; Gencarkan Produk Halal

Adakan Taiwan Expo yang diikuti 180 exhibitor, hadirkan 6 industri utama

Surabaya, Kabarindo- Taiwan berupaya menjaring wisatawan muslim, termasuk dari Indonesia. Untuk itu, negara ini mengadakan Taiwan Expo 2019 yang akan berlangsung di Grand City Convex, Surabaya, pada 26-28 September.

Director General of Taipei Economic and Trade Office in Surabaya, Benson Lin, mengatakan Biro Perdagangan Internasional dan Asosiasi Perdagangan Luar Negeri Kementerian Ekonomi telah mengadakan Taiwan Expo di Jakarta sejak 2017.

Selama dua tahun berturut-turut, Taiwan Expo berhasil menarik sekitar 40.000 orang dan telah menjembatani kesempatan bisnis hingga ratusan juta dollar. Karena itu, event tahun ini digelar di Surabaya yang diharapkan mampu meraih kesuksesan serupa,” ujarnya.

Pameran diikuti 180 exhibitor dari Taiwan dan menampilkan 190 booth. Taiwan Expo menghadirkan enam industri utama yaitu teknologi pintar, pendidikan, budaya dan pariwisata, perawatan kesehatan, makanan halal, teknologi pertanian dan gaya hidup.

Menurut Karen Pai, Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), makanan halal dihadirkan mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Tujuannya untuk menjaring wisatawan Muslim agar mengunjungi Taiwan.

Ia mengatakan, pemerintah Taiwan menyadari potensi masyarakat Muslim yang besar untuk berwisata ke Taiwan. Untuk itu, pemerintah mempersiapkan semua kebutuhan wisatawan Muslim, termasuk makanan halal hingga penginapan.

“Kami ingin menarik minat wisatawan Muslim, termasuk dari Indonesia yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Kami menawarkan wisata halal dan serius menggarapnya. Jadi wisatawan Muslim yang mengunjungi Taiwan tak perlu khawatir,” ujar Karen.

Ia menambahkan, Taiwan gencar menawarkan wisata halal yang membuat negara ini masuk peringkat ketiga sebagai negara dengan halal tourism yang diberikan oleh majalah pariwisata Muslim. Guna melakukan pendekatan terhadap pangsa pasar halal di Indonesia, banyak produsen industri makanan Taiwan telah mengantongi sertifikat halal.

Di dalam area halal pada Taiwan Expo 2019, ada 11 perusahaan yang telah mengantongi sertifikat halal. Di antaranya produk teh susu, produk bubble instant, makanan beku, produk bubuk minuman kesehatan ekstrak ikan kakap putih dengan nutrisi tinggi dan banyak lainnya.

Pada sektor teknologi pintar, Pusat Antariksa Nasional Taiwan dan Asosiasi Pengembangan Industri Antariksa Taiwan akan berpartisipasi untuk pertamakalinya. Juga akan ditampilkan wujud gambar dari satelit dan komponennya. Seiring dengan arus E-Sports (gaming), teknologi thermaltake dari Taiwan Excellence Pavillion akan membawa casing CPU yang terbuat dari tempered glass di 4 sisinya dengan tampilan kipas LED transparan yang memukau.

Penulis: Natalia Trijaji