Surabaya Yoga Festival 2019; Satukan Semua Aliran Yoga

Surabaya Yoga Festival 2019; Satukan Semua Aliran Yoga

Surabaya Yoga Festival 2019; Satukan Semua Aliran Yoga

Diikuti 300 peserta dan 27 guru yoga, seimbangkan body, mind and soul

Surabaya, Kabarindo- Surabaya Yoga Festival (SYF) 2019 digelar di Praxis Building pada Sabtu-Minggu, 16-17 November 2019. Ini merupakan sebuah event yoga yang bertujuan menyatukan semua aliran yoga di Surabaya dan keuntungan bersihnya akan disumbangkan untuk kepentingan amal.

SYF digagas oleh 3 guru yoga, yaitu Caroline Ang, Yulendra dan Nitya. Ketiga founder ini memiliki keyakinan sama bahwa semua guru yoga dan para yogi se-Surabaya akan kompak menyukseskan acara tersebut. SYF juga menjadi ajang teman-teman yogi dari luar Surabaya untuk datang berkunjung.

Event tersebut memasuki tahun keempat. Setiap tahun SYF didukung oleh guru-guru yoga di Surabaya yang bersedia mengajar sebagai wujud karma mereka. Karma di sini maksudnya berbagi ilmu kepada sesama tanpa imbalan.

SYF 2019 diikuti 27 guru, 19 diantaranya dari Surabaya, 7 orang dari luar Surabaya dan 1 guru dari Korea Selatan. Jumlah peserta mencapai 300 orang. Kehadiran dan semangat mereka membuat suasana terasa akrab dan hangat.

Caroline Ang mengajak masyarakat untuk lebih mengenal yoga melalui event ini. Ia mengatakan, masih banyak orang yang awam tentang yoga. Umumnya masyarakat beranggapan yoga adalah aktivitas meditasi. Padahal yoga memiliki banyak aliran, juga disertai gerakan-gerakan. Jadi bukan sekedar meditasi.

“Surabaya Yoga Festival mengajak masyarakat untuk lebih mengenal yoga, serta menjadi lebih sehat dan lebih peduli, sesuai dengan tujuan yoga itu sendiri untuk keseimbangan body, mind and soul,” ujarnya.

Rocky, seorang guru senior yoga, mengatakan perlunya mengenal yoga dari awal mulanya yaitu hatha yoga. Selain itu, perlu memahami dasar dan metode yoga sebelum berlatih, sehingga tidak sekedar melakukan gerakan-gerakan.

“Harus belajar dasarnya dulu. Gerakan-gerakan dalam yoga kurang lebih sama. Tapi penting untuk tahu maksud dari gerakan-gerakan yang dilakukan, struktur anatomi suatu gerakan. Jadi bukan asal gerak,” ujarnya.

Rocky menambahkan, jika berlatih yoga dengan benar akan memperoleh manfaat yang besar, karena menghasilkan harmonisasi antara body, mind & soul.

Penulis: Natalia Trijaji