Shangri-La Adakan Kegiatan Coast to Coast; Usung Aksi Sosial dan Lingkungan

Shangri-La Adakan Kegiatan Coast to Coast; Usung Aksi Sosial dan Lingkungan

Shangri-La Adakan Kegiatan Coast to Coast; Usung Aksi Sosial dan Lingkungan

Berkolaborasi dengan beberapa brand dan komunitas Nol Sampah

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya, Shangri-La Hotel Surabaya dan Shangri-La Hotel Jakarta menggelar kegiatan bersepeda dalam program bertajuk “Coast to Coast” pada tanggal 5-8 Desember 2019 mendatang.

Jonathan Reynolds, General Manager Shangri-La Hotel Surabaya, mengatakan Coast to Coast bertujuan memperingati Hari Sukarelawan Internasional pada 5 Desember. Kegiatan tersebut mengusung misi sosial yang didukung oleh Komunitas Nol Sampah, Danone Aqua, Polygon Bikes Indonesia, Lasika dan majalah Indonesia Tatler. Juga melibatkan karyawan Shangri-La Surabaya dan Jakarta untuk melakukan aksi sosial bagi masyarakat, termasuk yang berkaitan dengan lingkungan khususnya soal sampah plastik.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengkampanyekan kesadaran mengenai penggunaan plastik yang masih cukup tinggi di Indonesia, melestarikan ekosistem mangrove serta meningkatkan partisipasi karyawan Shangri-La dan supplier dalam menjadi katalis bagi perubahan positif untuk komunitas lokal,” ujarnya.

Cahya Bhinartika, Service Manager – Corporate Social Responsibility Shangri-La Surabaya, mengatakan Coast to Coast akan berlangsung selama 4 hari. Ia menjelaskan, tim dari Jakarta akan bersepeda sejauh 366 km dari Jakarta melewati rute Pamanukan dan Cirebon, sedangkan tim dari Surabaya akan melalui rute sejauh 395,6 km melalui Cepu dan Semarang. Kedua tim akan bertemu di tengah, di Kota Pekalongan.

Ia menjelaskan, masing-masing tim dari Shangrila Surabaya dan Jakarta berjumlah 12 orang yang terdiri dari 4 grup. Setiap grup menempuh rute 35-40 km. Setiap peserta telah berlatih selama 1 bulan dan siap bersepeda dalam jarak cukup jauh.

Satu hari sebelum memulai perjalanan, tim dari Shangri-La Surabaya akan membuka kegiatan pada 4 Desember 2019 dengan melakukan penanaman mangrove di Konservasi Mangrove Trunojoyo, Wonorejo Surabaya.

Sepanjang rute yang dilalui, tim dari Shangri-La Surabaya maupun Jakarta akan mengunjungi beberapa sekolah. Tim Shangri-La Surabaya akan mengunjungi SDN Baureno 1 Bojonegoro, SDN 3 Mijen Demak, SDN Sidorejo 1 Batang dan SD Baitussalam 2 Pekalongan. Dalam kunjungan-kunjungan tersebut, tim dari Shangri-La akan memberikan edukasi kepada para siswa mengenai kesadaran akan bahaya penggunaan plastik sekali pakai.

“Materi edukasi harus mudah dipahami yang didukung barang-barang yang dapat bermanfaat untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh para siswa,” ujar Cahya.

Materi edukasi didukung oleh komunitas Nol Sampah dan disesuaikan dengan usia para siswa. Usai diberikan edukasi, diadakan kuis seputar materi yang telah diberikan. Satu siswa yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi dari masing-masing sekolah, berhak mendapatkan satu unit sepeda dari Polygon.

Cahya berharap, Coast to Coast tidak hanya menjadi kegiatan edukasi berupa teori, namun juga memberikan contoh nyata mengenai bagaimana mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Shangri-La Surabaya juga memberikan botol minuman dan tempat makan kepada setiap siswa yang berpartisipasi. Sedangkan Danone Aqua menyumbangkan dispenser dan 10 galon air bagi setiap sekolah yang dikunjungi untuk dimanfaatkan di dalam kelas.

Pada hari terakhir kegiatan, 8 Desember 2019, tim dari Surabaya dan Jakarta akan menutup kegiatan dengan menanam mangrove di Wisata Mangrove Pekalongan.

Menurut Reynolds, melihat pentingnya Coast to Coast dan misi yang diusung, rencananya kegiatan ini akan diadakan setiap tahun. Tidak menutup kemungkinan skalanya akan diperluas dengan menggandeng lebih banyak komunitas, termasuk komunitas bersepeda.

Penulis: Natalia Trijaji