Sedapnya Sup Kambing & Samosa Kambing; Menggoyang Lidah

Sedapnya Sup Kambing & Samosa Kambing; Menggoyang Lidah

Sedapnya Sup Kambing & Samosa Kambing; Menggoyang Lidah

Kreasi Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya, rayakan Idul Adha

Surabaya, Kabarindo- Hari raya Idul Adha yang tahun ini jatuh pada 20 Juli 2021 diwarnai dengan pemotongan hewan kurban kambing dan sapi, yang kemudian dibagikan kepada masyarakat, terutama yang kurang mampu.

Daging tersebut bisa diolah menjadi beragam masakan seperti gule, kare dan sate. Mungkin tak banyak yang berpikir untuk mengolah daging kambing menjadi sup yang lezat. Quest Hotel Darmo Surabaya memberikan resep Sup Sengkel dan Samosa dari bahan daging kambaing.

Executive Chef Quest Darmo, Doliez Barmawie yang akrab disapa Chef Dul, memilih Sup Sengkel Kambing, karena ingin menyajikan menu yang berbeda dari menu-menu yang sudah ada. Umumnya olahan kambing menggunakan santan sebagai bahan pelengkap, namun Chef Dul membuat sup yang sehat tanpa santan, sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang.

Selain daging kambing potongan sengkel, bahan lainnya adalah wortel, kentang, tomat, seledri dan bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, cengkeh, kayu manis dan bumbu penyedap lainnya.

“Tekstur daging bagian sengkel cenderung kenyal. Sup ini bisa menjadi penambah daya tahan tubuh pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Chef Dul.

Menu lainnya kreasi Chef Dul adalah Samosa dengan isian daging kambing. Samosa merupakan jajanan khas Timur Tengah yang disukai banyak orang Indonesia, karena cocok dengan lidah kita. Panganan ini biasanya disajikan pada bulan puasa Ramadhan untuk dinikmati saat berbuka.

Bahannya yaitu kentang, wortel, bawang bombay, bawang putih, merica, gula, garam. chicken powder dan bumbu maderaas kari, Semua bahan ini ditumis menjadi satu hingga matang, kemudian adonan daging yang sudah dibumbui tadi dimasukkan ke dalam kulit pangsit hingga berbentuk segitiga.

Sup Sengkel Kambing mudah dibuat sendiri di rumah. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan isian sayur-nya menyehatkan,” ujar Chef Dul.

Penulis: Natalia Trijaji