Safety Campaign Program; Ajak Siswa Pahami Tata Cara Berkendara

Safety Campaign Program; Ajak Siswa Pahami Tata Cara Berkendara

Safety Campaign Program; Ajak Siswa Pahami Tata Cara Berkendara

 

Sharp Indonesia peduli keselamatan berkendara siswa sekolah

 

Surabaya, Kabarindo- Kecelakaan lalu lintas di kalangan remaja di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. Data menyebutkan, remaja berusia 16 – 20 tahun menjadi penyumbang kecelakaan terbesar dengan perkiraan 28 ribu orang meninggal dunia atau sekitar 72 orang per hari.

 

Melihat kondisi tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian RI bagian Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Polda Metro Jaya mengadakan SHARP Safety Campaign berupa penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan keselamatan berkendara yang diikuti dengan tata cara berkendara yang baik melalui pemberian materi dan pembagian helm.

 

SHARP Safety Campaign diselenggarakan pertama kali dengan mengunjungi SMAN 45 Jakarta di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Sekitar 300 siswa dan siswi kelas X-XI SMAN 45 Jakarta mengikuti pemberian materi seputar aturan berkendara dan lalu lintas.

 

Agus Soewadjie, Sales Specialist Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan SMAN 45 Jakarta berada di wilayah ring 1 kantor Sales and Marketing Sharp Indonesia, yaitu wilayah Kelapa Gading. Pada setiap program yang dijalankan, pihaknya selalu mendahulukan untuk menjangkau wilayah sekitar kantor.

 

Maraknya kecelakaan yang menimpa anak sekolah menjadi latar belakang program ini. Kami berusaha menanamkan kesadaran berkendara yang baik dan benar, walaupun pada usia siswa sekolah ini belum dibenarkan untuk membawa kendaraan di jalan raya. Tapi kami ingin memberikan pengetahuan dasar sebagai bekal mereka nanti. Kami berharap mereka dapat menularkan pengetahuan yang ini kepada teman, kerabat tentang tata cara berkendara yang baik dan benar, agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Selasa (3/4/2018).

 

Komisaris Polisi Herman Ruswandi, SH, dari Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, pihaknya membuat contoh-contoh yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari agar mengena untuk siswa SMA. Diharapkan hal ini dapat mempengaruhi pemikiran dan sikap siswa.

 

Seluruh siswa dan siswi didorong untuk terlibat aktif dalam sesi tanya jawab. Setiap pernyataan yang dilontarkan dengan penuh antusias, mendapat jawaban langsung dari pihak kepolisian, sehingga mereka mendapat pemahaman yang menyeluruh.

 

SHARP Safety Campaign juga menggaungkan pentingnya penggunaan helm melalui tagar #PakeHelmBiarKeren yang juga disebarluaskan melalui sosial media Sharp Indonesia. Tagar ini dibuat untuk menggerakkan siswa dan siswi agar turut membagikan pesan ini kepada teman sebaya usai mendapat materi penyuluhan.

 

Zulhamshah, S.Pd, M.Si, Kepala Sekolah SMAN 45, mengapresiasi kampanye tersebut. Ia mengatakan, berkendara roda dua dan empat dilarang di area sekolah, namun informasi tersebut tetap bermanfaat bagi mereka. Ia berharap, materi tersebut bisa menjadi bekal untuk mereka terapkan ketika menggunakan kendaraan nanti.

 

Pada kesempatan tersebut, Sharp Indonesia membagikan 300 helm kepada siswa SMAN 45 Jakarta untuk digunakan ketika berkendara dan menjadi contoh bagi lingkungan sekitar.

Penulis: Natalia Trijaji