Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > RAISA ITS; Siap Bantu Rawat Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

RAISA ITS; Siap Bantu Rawat Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Iptek | Selasa, 1 September 2020 | 16:10 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
RAISA ITS; Siap Bantu Rawat Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

RAISA ITS; Siap Bantu Rawat Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Tipe High Care Unit (HCU) untuk ruangan-ruangan isolasi penderita Covid-19

Surabaya, Kabarindo- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyerahkan Robot Medical Assistant ITS - Unair (RAISA) untuk membantu para tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

ITS melalui PT ITS Tekno Sains telah menyerahkan dan menandatangani berita acara serah terima robot RAISA dan Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) Jaya, Kolonel CKM Dr Stefanus Dony, secara daring. Sebelumnya, RAISA juga telah digunakan di beberapa RS antara lain RS Universitas Airlangga (RSUA), RSU Dr Soetomo, RS Husada Utama dan RSUD Saiful Anwar Malang.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, mengatakan robot RAISA ini dipesan oleh Pertamina Group melalui PT ITS Tekno Sains untuk membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta, yang saat ini ditangani oleh Kesehatan Kodam Jaya.

“Satu unit robot RAISA yang dikirimkan adalah tipe High Care Unit (HCU) untuk ruangan-ruangan isolasi penderita Covid-19,” jelasnya.

Menurut guru besar Teknik Elektro ITS ini, pasien-pasien yang dimaksud untuk dibantu penanganannya oleh RAISA adalah pasien yang berada dalam kondisi tidak bergejala berat dan masih bisa beraktivitas.

RAISA memiliki fitur utama seperti dilengkapi komunikasi dua arah media monitor, sehingga mampu beroperasi selama 8 jam sehari untuk sekali pengisian baterai. Robot ini juga mampu mencegah tabrakan jika ada objek di depannya dan memberikan peringatan.

Ashari berharap RAISA bisa membantu negara dan masyarakat dalam penanganan Covid-19 serta potensi penularan Covid-19 kepada para tenaga medis dapat diminimalisir.

Direktur PT ITS Tekno Sains, Dr Ir I Ketut Gunarta MT, menambahkan sebelum robot RAISA dapat digunakan secara operasional, tim IT dari Wisma Atlet dan Kodam Jaya melakukan pelatihan terlebih dahulu.

“Pelatihan penggunaan dan perawatan robot RAISA ini dilakukan secara daring bersama tim teknisi robot RAISA ITS,” ujarnya.

Gunarta menambahkan, sejak kedatangan RAISA, jumlah pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet telah mencapai sekitar seribu orang. Selanjutnya robot ini akan dioperasikan di salah satu tower di sana dan diharapkan mampu membantu tenaga medis untuk penyembuhan pasien.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER