Prodi Teknik Pengelasan & Teknik Perpipaan; Punya Prospek Kerja Yang Bagus

Prodi Teknik Pengelasan & Teknik Perpipaan; Punya Prospek Kerja Yang Bagus

Prodi Teknik Pengelasan & Teknik Perpipaan; Punya Prospek Kerja Yang Bagus

Dimiliki Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Calon mahasiswa sering bingung memilih jurusan kuliah. Saat ditanya mengenai rencana kuliah, kebanyakan calon mahasiswa baru cenderung memilih jurusan-jurusan yang favorit, seperti kedokteran, manajemen, teknik informatika dan lainnya. Tapi sebenarnya ada beberapa jurusan yang jarang dipilih tapi memiliki peluang kerja yang luas.

Beberapa jurusan yang belum banyak diminati adalah Teknik Pengelasan dan Teknik Perpipaan. Dua program studi (prodi) yang ditawarkan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ini unik dan tidak memiliki banyak pesaing di Indonesia. Belum banyak yang memahami kedua prodi tersebut. Setiap kali diadakan pameran pendidikan ke daerah, banyak siswa SMA/SMK yang tidak memahami program studi tersebut dan prospek kerjanya. Tak heran, bila di PPNS, peminat kedua program studi masih rendah.

“Tingkat keketatannya sekitar 1:7. Sebenarnya cukup baik. Namun pendaftarnya masih jauh di bawah jurusan lain di PPNS. Masyarakat kalau mendengar Teknik Pengelasan, dalam bayangan mereka, akan bekerja mengelas besi seperti tukang las. Padahal prospek kerjanya bagus. Lulusannya akan bekerja sebagai welding inspector dan welding engineer. Pekerjaannya menginspeksi hasil pekerjaan las. Lulusannya bisa bekerja dimana saja, termasuk oil and gas company. Bahkan kalau sudah ahli akan dibayar per cm atau per-proyek,” ujar Adi Wirawan Husodo, Wakil Direktur Bidang Akademik PPNS.

Tak berbeda jauh, calon mahasiswa juga tidak memiliki bayangan mengenai prospek kerja Teknik Perpipaan. Lulusan Teknik Perpipaan kini banyak terserap di perusahaan minyak dan gas atau manufaktur sebagai Piping Engineer.

Karena persaingannya sedikit, jadi lulusan lebih mudah mendapat kerja. Salah satu alasan tingkat persaingan yang rendah adalah karena pendaftar perempuannya sangat kecil. Sebenarnya, tidak ada batasan gender untuk kedua prodi ini, ujar Adi.

Meski pendaftarnya tidak setinggi prodi lain, Teknik Pengelasan dan Teknik Perpipaan sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Ini menunjukkan kedua program studi tersebut layak untuk dipilih. Nah, sekarang tak perlu bingung lagi pilih jurusan.

Penulis: Natalia Trijaji