Perubahan Besar; Siap Warnai Komputasi Berperforma Tinggi

Perubahan Besar; Siap Warnai Komputasi Berperforma Tinggi

Perubahan Besar; Siap Warnai Komputasi Berperforma Tinggi

Bakal hadir berbagai produk komputasi dan grafis 7nm generasi baru yang bertenaga dari AMD

Surabaya, Kabarindo- AMD menekankan lompatan bersejarah pada teknologi komputasi, gaming dan visual pada tahun ini, berbasis kombinasi teknologi tercanggih 7nm dan desain komputasi dan grafis paling mutakhir yang pernah diciptakan oleh AMD.

Dalam presentasinya pada intisari CES 2019 di Las Vegas, AS, baru-baru ini, Presiden dan CEO AMD Dr. Lisa Su mengumumkan bakal hadirnya unit pemrosesan grafis (GPU) gaming 7nm pertama di dunia, AMD Radeon VII, membeberkan detil dari prosesor laptop ultrathin tercepat di dunia, AMD Ryzen Mobile generasi kedua, serta memberikan demonstrasi publik pertama dari prosesor desktop 7nm AMD Ryzen generasi ketiga.

Intisari yang disampaikan oleh Lisa Su berfokus pada memecahkan tantangan paling sulit dan menarik di dunia melalui inovasi komputasi dan grafis berperforma tinggi. Mulai dari menghidupkan imajinasi pendongeng melalui karakter digital, membantu komunitas-komunitas untuk terhubung melalui kecintaan yang sama akan gaming, hingga menyelesaikan berbagai tantangan sulit pada ranah pendidikan, kesehatan, perubahan iklim dan solusi energi. AMD melihat banyak kesempatan emas untuk mengaplikasikan teknologi komputasi yang lebih tinggi untuk memecahkan berbagai masalah paling sulit di masyarakat.

“Ini adalah waktu yang luar biasa untuk berada pada sisi teknologi saat industri mendorong batasan-batasan komputasi berperforma tinggi untuk menyelesaikan tantangan-tantangan besar yang kita hadapi. Tahun 2019 akan menjadi titik balik bagi industri ini setelah kami membawa produk-produk baru ke pasar. Mulai dari chip grafis 7nm Radeon hingga prosesor-prosesor AMD Ryzen 7nm dan AMD EPYC generasi selanjutnya,” kata Lisa Su.

Ia memaparkan tentang prosesor AMD Ryzen generasi ketiga ini yang dibangun berdasarkan core x86 AMD Zen 2 terbaru, yang dibuat dengan teknologi pemrosesan termutakhir 7nm. Prosesor ini diharapkan dapat memberikan tingkatan performa yang lebih tinggi dari sebelumnya dan menjadi platform PC pertama di dunia yang mendukung konektivitas PCIe 4.0. Prosesor AMD Ryzen yang baru menawarkan pengalaman gaming, berkreasi dan menstreaming yang lebih baik dari pada sebelumnya pada PC yang lebih cepat dan sunyi.

Pada demonstrasi tersebut, prosesor desktop AMD Ryzen generasi ketiga versi pra-produksi ditandingkan dengan sebuah prosesor Intel Core i9-9900K pada proses rendering real-time menggunakan software pengetesan Maxon Cinebench R15. Prosesor AMD Ryzen menunjukkan performa sebanding dengan konsumsi daya sekitar 30% lebih rendah. Lisa Su menunjukkan kekuatan teknologi AMD yang bekerja sama dengan sebuah demonstrasi game langsung dari prosesor desktop AMD Ryzen generasi ketiga pada platform soket AMD AM4 yang disandingkan dengan prosesor grafis AMD Radeon VII.

Prosesor Ryzen generasi ketiga rencananya akan diperkenalkan pada pertengahan 2019.

Lisa Su memamerkan CPU datacenter 7nm pertama di dunia dengan kode nama Rome yang berbasis core x86 Zen 2. Ia menunjukkan tenaga sesungguhnya dari prosesor AMD EPYC generasi selanjutnya dengan mendemonstrasikan peningkatan step-function pada performa prosesor datacenter menggunakan aplikasi ilmiah NAMD, yang mensimulasikan sistem bio-molekul besar.

Pada demonstrasi tersebut, sebuah prosesor EPYC Rome versi pre-produksi disandingkan dengan dua buah prosesor kelas atas Intel Xeon Platinum 8180. Satu prosesor EPYC generasi selanjutnya memberikan sekitar 15% performa lebih tinggi. Dengan menggunakan sistem berbasis EPYC, AMD membantu para ilmuan untuk memajukan penelitian mereka dan lebih dekat menemukan solusi besar selanjutnya.

Prosesor AMD EPYC Rome dijadwalkan mulai dikapalkan pada pertengahan 2019.

AMD juga meluncurkan prosesor Ryzen Mobile generasi kedua dengan Grafis Radeon Vega yang menjadi prosesor laptop ultrathin tercepat di dunia. Dengan daya tahan baterai hingga 12 jam produktivitas umum dan 10 jam untuk pemutaran video, kemampuan memutar video 4K HDR dan fitur-fitur PC Modern Microsoft, prosesor Ryzen Mobile generasi kedua memberikan pengalaman hiburan tingkat atas untuk konsumen laptop modern.

Sejumlah notebook berbasis AMD Ryzen yang ditenagai oleh prosesor Ryzen Mobile generasi kedua dengan Grafis Radeon Vega diharapkan tersedia dari Acer, Asus, Dell, HP, Huawei, Lenovo dan Samsung pada tahun ini.

Penulis: Natalia Trijaji