Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Secara Maksimal; Orang Tua Harus Awasi Sedini Mungkin

Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Secara Maksimal; Orang Tua Harus Awasi Sedini Mungkin

Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Secara Maksimal; Orang Tua Harus Awasi Sedini Mungkin

Pastikan buah hati tumbuh dan berkembang sesuai dengan standar yang seharusnya, nutrisi harus diperhatikan guna menunjang pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat

Surabaya, Kabarindo- Setiap orang tua tentu ingin anak mereka tumbuh kembang dengan sehat dan cerdas. Hal ini tentu membutuhkan perhatian orang tua sejak awal bayi lahir.

Untuk memberikan pengetahuan kepada para orang tua maupun calon orang tua tentang pentingnya tumbuh kembang anak secara maksimal, Rumah Sakit Royal Surabaya mengadakan seminar dengan tema “Maximising Your Child's Growth and Development in the 21st Century” pada Sabtu (20/7/2019).

Steven Laudry, Marketing Communication RS Royal Surabaya, mengatakan kegiatan itu diadakan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

“Ibu hamil, para calon orang tua maupun orang tua muda dapat memperoleh informasi yang benar dan tepat mengenai permasalahan tumbuh kembang buah hati mereka melalui seminar ini, agar buah hati mereka dapat tumbuh kembang dengan baik,” ujarnya.

Seminar menghadirkan dr. Lisa Pangemanan, Sp.A(K), M.Kes., sebagai narasumber tumbuh kembang anak dan dr. Sulis Bayusentono, M.Kes., Sp.OT(K) sebagai narasumber orthopedi anak. Juga ada influencer, Marcella Vanessa dan Stefani Angelia yang dikenal sebagai Cinfung, untuk berbagi pengalaman sebagai orang tua dalam mengawasi dan menghadapi permasalahan tumbuh kembang buah hati mereka di era milenial.

Para ibu hamil, calon orang tua maupun orang tua muda tampak antusias menyimak paparan kedua narasumber yang membahas mengenai permasalahan tumbuh kembang anak sesuai bidang masing-masing. Banyak peserta seminar yang mengajukan pertanyaan seputar kondisi buah hati mereka.

dr. Lisa menekankan perlunya melakukan pengawasan terhadap tumbuh kembang anak sedini mungkin. Hal ini untuk memastikan agar buah hati dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan standar yang seharusnya. Namun terkadang orang tua mengalami kesulitan untuk mengetahui bagaimana ukuran perkembangan anak yang seharusnya. Kesalahan pengawasan tumbuh kembang anak yang tidak disadari bisa berdampak terhadap masa depan mereka.

“Sekarang ini beredar banyak informasi melalui internet maupun media sosial yang bisa salah atau tidak tepat. Orang tua harus mampu memilah dan mencari informasi yang tepat terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan buah hati mereka,” ujarnya.

Tumbuh kembang anak berkaitan dengan fisik anak, khususnya tulang anak. dr. Bayusentono mengatakan, pada masa perkembangan, orang tua harus memperhatikan tumbuh kembang tulang anak. Orang tua sering agak menyepelekan postur tulang anak ataupun posisi duduk anak yang bisa berdampak terhadap kesehatan tulang ke depannya.

“Pada masa tumbuh kembang, nutrisi anak harus diperhatikan agar menunjang pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat. Orang tua wajib peduli terhadap latihan-latihan dasar untuk menjaga postur tubuh anak agar terjaga baik,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji