Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > PC Desktop; Perangkat Penunjang Ragam Kebutuhan Komputasi

PC Desktop; Perangkat Penunjang Ragam Kebutuhan Komputasi

Iptek | Selasa, 16 Juni 2020 | 15:16 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
PC Desktop; Perangkat Penunjang Ragam Kebutuhan Komputasi

PC Desktop; Perangkat Penunjang Ragam Kebutuhan Komputasi

PC desktop menjawab kebutuhan mulai dari performa komputasi yang dapat disesuaikan hingga usia produk yang lebih lama dibandingkan laptop

Surabaya, Kabarindo- Kemajuan teknologi turut mempengaruhi gaya hidup keseharian kita. Pandemi global COVID-19 menghadapkan kita pada situasi dimana banyak hal dilakukan dari rumah, mulai dari belajar, bekerja hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mencegah penyebarannya.

Masyarakat membutuhkan perangkat yang dapat menjawab kebutuhan tersebut yang mengandalkan teknologi. Perangkat PC desktop dapat menjawab kebutuhan mulai dari performa komputasi yang dapat disesuaikan hingga usia produk yang lebih lama dibandingkan penggunaan laptop.

Bagi mereka yang ingin menjajal perangkat baru, membeli PC desktop biasanya lebih disukai, karena performa dan kecepatan yang dapat diandalkan serta harga yang ditawarkan lebih menggiurkan dibandingkan notebook/laptop.

Mari simak beberapa alasan PC desktop merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung ragam pekerjaan dari rumah.

Kemampuan performa PC Desktop dapat diandalkan

Performa maksimal sebuah PC desktop menjadi hal penting dan perlu menjadi perhatian. Pengguna PC desktop dapat menyesuaikan performa rakitan PC sesuai dengan keinginan guna mendukung ragam kebutuhan komputasi seperti browsing, editing, kreator konten dan gaming. Jumlah core yang banyak pada prosesor dan pilihan kartu grafis yang tepat menentukan ketajaman visual pada PC, sehingga dapat memanjakan mata dan memberikan pengalaman komputasi yang maksimal.

Harga bersahabat

PC desktop memiliki harga yang bersahabat, karena rakitan PC yang fleksibel. Pengguna dapat menentukan pilihan ragam prosesor, kartu grafis dan motherboard di pasaran sesuai dengan kebutuhan.

Dapat diupgrade

PC desktop mempunyai umur lebih panjang, karena komponen dari sisi prosesor, memori, storage, kartu grafis dan lainnya dapat diganti mengikuti performa yang diinginkan. Hal ini merupakan keuntungan sebagai pengguna PC desktop, karena komponen-komponen pada PC desktop dapat diupgrade. Jika pengguna merasa PC sudah tidak dapat menampung atau bekerja dengan baik, tinggal meng-upgrade salah satu komponen PC, baik prosesor, kartu grafis ataupun memori di dalamnya.

Mudah diakses

Walaupun PC desktop tidak dapat dibawa kemana-mana, namun pengguna tetap mendapat kemudahan akses PC desktop hanya dalam genggaman. Cukup dengan menggunakan smartphone ataupun laptop melalui aplikasi remote desktop, sehingga tidak perlu khawatir akan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Untuk membuat rakitan PC yang tepat sesuai keinginan namun tetap mengutamakan performa maksimal, banyak komponen yang dapat menjadi pilihan. Salah satunya komponen dari AMD dapat menjadi solusinya. AMD merupakan perusahaan semi-conductor yang secara konsisten lebih dari 50 tahun mendorong inovasi teknologi pada prosesor andalannya yaitu Ryzen dan kartu grafis Radeon dengan performa maksimal, namun dengan harga terjangkau.

Produk-produk AMD menawarkan performa tinggi. Hasil dari beberapa pengujian performa, salah satunya pengujian Cinebench, AMD unggul di kelasnya dibandingkan kompetitornya di pasaran. Kartu grafis seri Radeon RX 5000 adalah kartu grafis andalan AMD yang dibangun pada arsitektur RDNA dan teknologi fabrikasi 7nm. Jajaran kartu grafis RX 5000 Series tersedia mulai dari varian terendah sampai tertinggi, mulai dari RX 5500 XT, RX 5600 XT, RX 5700 dan RX 5700 XT. Kartu grafis RX 5000 series diklaim juga sebagai kartu grafis yang hemat daya dan berkecepatan tinggi, karena beberapa fitur tambahan yang memanjakan pengguna dan memaksimalkan pengalaman komputasi seperti Radeon Boost, Radeon Anti-Lag, Radeon Image Sharpening dan FidelityFX.

Untuk menjadikan PC desktop memiliki peningkatan performa, pengguna harus jeli pada pilihan prosesor yang tepat. Pastikan prosesor yang akan dipasang pada PC desktop memiliki jumlah core sesuai dengan kebutuhan komputasi yang diinginkan. Semakin banyak jumlah core pada prosesor akan berpengaruh terhadap kecepatan performanya.

Untuk menjawab kebutuhan pengguna PC desktop akan performa optimal, AMD menghadirkan Ryzen Threadripper 3990X, prosesor desktop 64 core 128 thread pertama di dunia dengan teknologi fabrikasi 7nm pada awal 2020. Sebagai prosesor generasi terbaru, Ryzen Threadripper 3990X menawarkan performa bertenaga untuk 3D, efek visual dan video profesional serta performa rendering hingga 51% lebih cepat dengan efisiensi daya ganda dibandingkan kompetitor.

Varian prosesor AMD Ryzen yang tersedia di pasaran cukup beragam mulai dari prosesor Ryzen 3 dengan 4 core dan 8 thread dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp.1 jutaan hingga prosesor kelas Threadripper terbaru dengan 64 Core dan 128 Thread yang menjadi pilihan dan banyak digunakan oleh kalangan profesional di bidang sains dan riset, bahkan pembuat film sekelas Hollywood.

Kini pengguna tidak perlu lagi ragu menentukan pilihan kebutuhan komponen ketika merakit PC desktop dambaan untuk mendukung ragam pekerjaan dan merasakan pengalaman komputasi maksimal dari rumah hanya dalam satu perangkat.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER