Nikmati Kopi Arab Saat Buka Puasa; di Great Diponegoro Hotel by Azana

Nikmati Kopi Arab Saat Buka Puasa; di Great Diponegoro Hotel by Azana

Nikmati Kopi Arab Saat Buka Puasa; di Great Diponegoro Hotel by Azana

Usung tema 1001 Malam

Surabaya, Kabarindo- Atmosfi Timur Tengah tampaknya ditonjolkan hotel-hotel di Surabaya pada Ramadhan tahun ini. Begitu pula di Great Diponegoro Hotel by Azana yang mengusung tema 1001 Malam untuk berbuka puasa.

Hotel ini menyajikan kuliner Timur Tengah yang cukup disukai masyarakat Indonesia. Tamu bisa bersantap di dalam atau di luar resto di Level Up Sky Lounge yang terletak di lantai 12 sambil menikmati semilir angin sore dan melihat pemandangan kota Surabaya dari ketinggian.

Menurut Head Chef Ridho Wahid Saputro, hotelnya mengusung tema tersebut yang dirasa pas dengan suasana Ramadhan. Ia bersama tim F&B menyajikan 49 menu mulai dari takjil, hidangan pembuka hingga penutup.

“Kami menyajikan menu-menu yang bervariasi dalam tiga rotasi untuk memberikan pilihan kepada tamu agar tidak bosan,” ujarnya.

Ada bermacam menu Timur Tengah di antaranya martabak, shawarma dan lamb biryani yang menggunakan beras basmati dari India. Bentuk butirannya memanjang, berbeda dengan beras Indonesia yang agak membulat. Tersaji pula sup Mediteranian, roti jala dan kurma yang selalu ada.

Untuk minuman hangat, ada yang spesial yaitu kopi Arab yang rasanya agak manis dan sedikit pahit. Chef Ridho menjelaskan, kopi Arab diracik menggunakan 32 rempah di antaranya daun pandan, jahe, kayu manis, pekak dan kapulaga India yang rasanya lebih kuat dari kapulaga Indonesia.

Selain beragam menu Timur Tengah, Great Diponegoro juga menghadirkan kuliner Indonesia, di antaranya gorengan tempe goreng tepung dan ote-ote yang disukai. Ada pula es campur, kolak pisang, bubur Madura, puding dan canape.

“Kami menghadirkan kuliner fusion. Selain dari Timur Tengah, juga ada kuliner Indonesia, karena banyak tamu yang tetap mencari makanan tradisional. Menunya berganti-ganti. Misalnya hari ini dari Jawa, besok dari Sumatra yang menyajikan menu dari Aceh, Padang atau daerah lainnya,” ujar Chef Ridho.

Kuliner dari Jawa, ada angkringan khas Jogja yang menyajikan nasi bungkus porsi kecil yang disebut nasi kucing. Ada dua pilihan yaitu nasi kering tempe dan nasi sambel. Nasi kucing bisa disantap dengan tambahan lauk sate usus, sate telur puyuh atau kepala ayam. Nasi kucing ini jadi favorit tamu.

Penulis: Natalia Trijaji