Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Mastercard Bagikan Tips Aman Bertransaksi; Saat Liburan di Luar Negeri

Mastercard Bagikan Tips Aman Bertransaksi; Saat Liburan di Luar Negeri

Hiburan | Kamis, 6 Juni 2019 | 09:38 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Mastercard Bagikan Tips Aman Bertransaksi; Saat Liburan di Luar Negeri

Mastercard Bagikan Tips Aman Bertransaksi; Saat Liburan di Luar Negeri

Bawa uang tunai secukupnya dan gunakan kartu debit untuk tarik tunai

Surabaya, Kabarindo- Idul Fitri menjadi momen yang tepat untuk mudik berkumpul dengan sanak saudara yang sudah lama tak berjumpa. Ini juga merupakan momen yang pas untuk berlibur bersama keluarga di dalam ataupun ke luar negeri.

Berlibur terutama ke luar negeri tentu membutuhkan biaya besar dan anda tak mungkin membawa uang tunai dalam jumlah sangat besar. Anda perlu memanfaatkan kartu debet atau kartu kredit. Agar anda bisa menikmati liburan dengan aman, tenang dan nyaman, Mastercard memberikan tips agar tidak perlu khawatir ketika melakukan transaksi pembayaran di manapun anda berada.

#1 Bawa uang tunai secukupnya dan gunakan kartu debit untuk tarik tunai

Membawa uang tunai dalam jumlah besar pada saat bepergian akan berisiko tinggi terhadap keamanan dan kenyamanan. Jika ingin tetap memiliki uang tunai untuk keadaan darurat, disarankan untuk membawa secukupnya saja. Hal ini karena ke manapun anda pergi, bisa menarik uang tunai menggunakan kartu debit Mastercard di mesin-mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di negara tujuan.

Dengan metode penarikan tunai, anda juga akan dapat memperoleh nilai tukar terbaik dibandingkan jika menukar mata uang asing di negara anda. Kartu debit Mastercard diterima secara global. Anda juga akan menikmati berbagai fitur keamanan canggih saat melakukan transaksi antar negara (cross-border) di seluruh dunia.

Guna memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi anda yang berlibur di Inggris, Singapura dan Malaysia, Mastercard memperkenalkan layanan bernama Mastercard ATM Locator. Layanan ini membantu anda menemukan lokasi mesin-mesin ATM jaringan Mastercard terdekat di negara-negara tersebut. Anda hanya perlu mengunjungi website Mastercard ATM Locator, masukkan lokasi tempat anda berada di kolom pencarian, maka anda akan dapat melihat daftar ATM terdekat di lokasi tersebut.

#2 Pastikan anda telah menyimpan kartu dan kontak bank di tempat yang aman

Selalu waspada dan hati-hati pada saat menggunakan mesin ATM di tempat yang minim penerangan. Pastikan tidak ada orang yang mencurigakan di sekitar anda. Setelah melakukan penarikan tunai di mesin ATM, simpan kartu dan uang di tempat yang aman untuk menghindari risiko kehilangan kartu maupun pencurian.

Anda juga dapat menikmati fitur perlindungan tambahan untuk meningkatkan keamanan jika kartu anda dilengkapi dengan teknologi chip. Sebagai contoh, teknologi chip EMV (Europay, Mastercard, Visa) yang terintegrasi di dalam kartu debit Mastercard. Layanan ini bekerja dengan cara membuat setiap transaksi menjadi unik dan tidak dapat ditiru, sehingga semakin memperkecil kemungkinan penipuan atau pencurian data transaksi anda.

#3 Gunakan Personal Identification Number (PIN) yang berbeda untuk setiap kartu

Gunakan PIN yang berbeda untuk setiap kartu anda, karena ini merupakan cara terbaik untuk menjaga keamanan kartu. Jangan menuliskan PIN pada benda yang ditaruh di dalam dompet maupun pada kartu itu sendiri. Jika anda lupa PIN atau kartu anda hilang, segera laporkan kepada bank penerbit kartu anda. Pastikan anda memiliki detail kontak bank anda di tempat yang mudah diakses agar dapat melaporkan kasus kehilangan atau pencurian, sehingga mereka dapat langsung memblokir kartu anda serta memberikan kartu pengganti secepatnya.

#4 Periksa kembali laporan transaksi anda

Periksa setiap bukti transaksi dan lihat apakah ada transaksi yang mencurigakan. Pastikan bahwa jumlah yang tertera pada bukti transaksi sudah sesuai dengan transaksi yang anda lakukan. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera hubungi bank anda.

Sebelum bepergian, hubungi bank anda dan berikan notifikasi mengenai rencana perjalanan anda. Dengan demikian, bank anda akan membantu memonitor transaksi anda dan segera mengirimkan notifikasi saat ada transaksi yang mencurigakan.

Jika bank anda menawarkan fitur notifikasi transaksi melalui SMS, aktifkan fitur tersebut sebelum bepergian, sehingga anda dapat menerima pesan notifikasi setiap kali melakukan transaksi melalui kartu.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER