makinpintar.com Gandeng Unair; Rilis Portal Pendidikan

makinpintar.com Gandeng Unair; Rilis Portal Pendidikan

Surabaya, Kabarindo- makinpintar.com bekerja sama dengan Universitas Airlangga, Surabaya meluncurkan portal pendidikan.

Menurut Dr. Ir. Soegianto Soelistiono M.Si., makinpintar.com dibuat untuk rnempercepat proses pemerataan pendidikan di Indonesia. Untuk itu diperlukan mekanisme yang tepat dan  efefktif dengan memanfaatkan sistem kolaborasi menggunakan jalur internet. Sistem kolaborasi ini memungkinkan tersedianya jaringan yang lebih luas serta akses yang mudah dan cepat.

“Kondisi Indonesia yang terdiri dari belasan ribu pulau membuat pemerataan pembangunan nasional mengalami hambatan. Hal ini berdampak terhadap dunia pendidikan,” ujarnya pada Senin (25/1/2016).

Soegianto mengatakan, sekolah-sekolah di kota besar memiliki akses dan fasilitas lebih berkembang daripada sekolah-sekolah di kota kecil bahkan di pedesaan. Perbedaan ini menyebabkan kesenjangan kualitas pendidikan bagi para siswa.

Salah satu founder makinpitar.com, Bagas D.Bawono, mengatakan portal tersebut memiliki format sosial media karena sosial media populer terutama di kalangan remaja.

“makinpintar.com bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah sehingga dapat memperkecil kesenjangan pendidikan antara sekolah-sekolah di kota-kota besar dengan di kota-kota kecil,” ujarnya.

Misalnya seorang siswa di Manokwari, Papua, yang kesulitan mendapat penjelasan tentang Hukum Newton dapat mengakses konten materi tersebut dalam format E-Book atau berupa artikel di makinpintar.com. Materi ini dapat berupa contoh soal bahkan video klip dari siswa berprestasi atau guru dari sekolah unggulan di daerah Iain.

Bintang Juliarso, Direktur makinpintar.com, berharap portal tersebut mampu menarik pengguna yang besar dan memberikan manfaat maksimal kepada pengguna. Saat ini, pengguna portal ini sekitar 90 ribu user yang mencakup siswa, guru dan sekolah.

Bagas mengatakan, makinpintancom nantinya menyediakan fitur-fitur lengkap dalam berkomunikasi seperti chatting, video conference dan lainnya agar sekolah-sekolah yang tergabung dalam portal ini bisa membuat program-program diskusi interaktif, membentuk sister schooI, berorganisasi dan bertukar informasi secara cepat berupa konten-konten yang terkait kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Ia menambahkan, para pengguna tak perlu khawatir terhadap masuknya konten-konten yang tak layak, karena terdapat tiga layer filter yaitu regulasi, operator dan pengguna sendiri.

Dari sisi ekonomis, makinpintancom nantinya akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan fasilitas penunjang pendidikan dengan harga terjangkau. Misalnya untuk mengantisipasi harga buku-buku penunjang pendidikan yang cukup mahal, portal ini akan bekerja sama dengan penerbit untuk mensubstitusi buku-buku tersebut dengan format E-Book yang harganya terjangkau dan mudah diakses.