Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > lingkaran.co; Startup Edukasi bagi Wirausahawan dan Profesional Muda

lingkaran.co; Startup Edukasi bagi Wirausahawan dan Profesional Muda

Ekonomi & Bisnis | Minggu, 1 November 2020 | 16:05 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
lingkaran.co; Startup Edukasi bagi Wirausahawan dan Profesional Muda

lingkaran.co; Startup Edukasi bagi Wirausahawan dan Profesional Muda

Berikan berbagai pelatihan in-demand skills oleh para praktisi dan ahli di bidang masing-masing

Surabaya, Kabarindo- Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan hidup masyarakat, mulai dari cara bekerja, beraktivitas, hingga mendapatkan akses pendidikan.

Aktivitas belajar mengajar formal di sekolah dan perguruan tinggi maupun pendidikan non-formal dialihkan menggunakan metode virtual, sehingga penggunaan platfrom pembelajaran daring melonjak. Hal ini berdampak positif bagi startup yang bergerak di sektor pendidikan berbasis daring, salah satunya lingkaran.

lingkaran adalah sebuah platform pendidikan kreatif bagi wirausahawan dan profesional muda yang ingin mengembangkan diri, karir dan bisnis melalui berbagai pelatihan in-demand skills oleh para praktisi dan ahli di bidang masing-masing. Pelatihan yang diadakan beragam, meliputi pelatihan kewirausahaan, pemasaran digital, manajemen keuangan dasar, pembangunan karakter dan lainnya.

Wendy Pratama, CEO dan Founder lingkaran, memaparkan lahirnya lingkaran yang berawal dari kebingungan dan kegelisahannya. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, ia diminta untuk merenovasi rumahnya sendiri. Ternyata, teori semasa kuliah tidak mudah diaplikasikan. Ia tidak memahami cara mengeksekusi dan mewujudkan desainnya, menghitung biaya, mencari kontraktor dan hal-hal teknis lainnya.

“Setelah banyak berdiskusi dengan orang sekitar, ada missing gap antara apa yang dipelajari di institusi pendidikan formal dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan di industri atau dunia profesional,” tuturnya.

Wendy pun membangun lingkaran dengan semangat untuk membantu anak muda di Indonesia mengatasi tantangan kesenjangan pengetahuan dan keterampilan. Bersama timnya, ia bertekad untuk menciptakan sebuah ekosistem yang dapat menjembatani kesenjangan antara apa yang diberikan dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Setelah 6 tahun berdiri, lingkaran telah dikenal sebagai salah satu platform pendidikan kreatif di Indonesia. Dengan visi “Menjadi ekosistem progresif yang mendorong dan mendukung para entrepreneur dan profesional muda di Indonesia untuk mencapai standar kelas dunia”, lingkaran telah mengadakan lebih dari 1.500 program khususnya di bidang kreatif, digital dan wirausaha, mengembangkan lebih dari 20.000 pelajar dan telah menginspirasi lebih dari 150.000 anak muda di seluruh Indonesia.

Sebagai ekosistem, lingkaran menjadi lebih dari sekadar jembatan untuk menutup celah pengetahuan. lingkaran telah menjadi extended network di mana para wirausahawan muda di Indonesia dapat terhubung dan mendapatkan dukungan satu sama lain, apapun latar belakangnya.

Untuk mematangkan bisnisnya, pada 2019 lalu, Wendy mengikuti Diplomat Success Challenge (DSC). Selain termotivasi untuk mendapatkan hibah modal usaha dengan total Rp 2 Miliar, ia juga memiliki keinginan untuk terkoneksi dengan mentor-mentor berpengalaman dan meluaskan jaringannya dengan rekan-rekan sesama wirausahawan dalam komunitas Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

“Pada saat itu, bisnis saya sudah berjalan 5 tahun dan kami membutuhkan bantuan berupa modal tambahan dan mentorship untuk pengembangan produk digital. Walaupun lingkaran belum menjadi pemenang, namun dengan semangat #BIKINGEBRAKAN, banyak hal yang didapatkan selama mengikuti program DSC seperti ilmu, pengalaman dan network baru. DSC juga membantu meningkatkan awareness publik terhadap lingkaran, terutama untuk audiens di Jawa,” ujarnya.

Menurut Wendy, keberadaan mentor sangat berperan terhadap pengembangan dirinya sebagai pemimpin perusahaan maupun wirausahawan. Para mentor banyak membagikan pengetahuan dan pengalaman, sehingga hal-hal tersebut dapat menjadi insight bermanfaat yang dapat diterapkan sampai kapanpun. Pendampingan oleh mentor-mentor juga berlanjut di mana Wendy masih menyempatkan berinteraksi dan berdiskusi dengan mereka untuk mengeksplor peluang-peluang baru setelah program rampung.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER