Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Lemi Notes; Solusi Belajar Sistem Kardiovaskular

Lemi Notes; Solusi Belajar Sistem Kardiovaskular

Hukum & Politik | Sabtu, 2 Maret 2019 | 06:55 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Lemi Notes; Solusi Belajar Sistem Kardiovaskular

Lemi Notes; Solusi Belajar Sistem Kardiovaskular

Bantu mahasiswa kedokteran belajar anatomi dan fisiologi pada sistem kardiovaskular

Surabaya, Kabarindo- Ade Nobi Miranto, mahasiswa dari Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menciptakan aplikasi pembelajaran anatomi dan fisiologi.

Mahasiswa semester akhir tersebut menawarkan solusi berupa aplikasi bernama Lemi Notes. Idenya berangkat dari banyaknya keluhan mahasiswa kedokteran ketika mempelajari anatomi dan fisiologi.

“Aplikasi ini bertujuan membantu mahasiswa kedokteran dalam belajar anatomi dan fisiologi pada sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah,” terang Ade.

Ia mengatakan, penamaan Lemi Notes berasal dari kata Let Me Notes, yang kemudian disederhanakan menjadi Lemi Notes. Ia mengerjakannya hingga setahun. Satu semester untuk merampungkan konsep dan satu semester lagi untuk eksekusi.

Ade menjelaskan, ia memilih sistem kardiovaskular, karena dapat merepresentasikan anatomi dan fisiologi dengan porsi yang pas. Aplikasi tersebut hanya fokus pada satu sistem tubuh. Selain untuk menghemat waktu, ia memperhatikan betul keseimbangan porsi antara anatomi dan fisiologi.

Lemi Notes dilengkapi dengan jurnal visual yang berisi teka-teki silang dan kata acak untuk belajar secara interaktif. Juga ada jurnal visual berisi agenda, aktivitas mewarnai dan blank note. Aplikasi ini juga memiliki fitur catatan, label interaktif dan animasi, sehingga pengguna lebih mudah untuk mempelajari materinya.

Ade mengungkapkan, selama pengerjaan Lemi Notes, terdapat keterlibatan langsung dari mahasiswa kedokteran. Pengujian kegunaan dari Lemi Notes ini dilakukan langsung oleh dosen dari fakultas kedokteran.

“Saya mendapat banyak masukan dari mereka untuk pengembangan aplikasi,” ujar pemuda pecinta biologi ini.

Dalam proses pengerjaannya, Ade sempat menghadapi berbagai kendala. Ia harus mengerjakan coding, konten dan ilustrasinya seorang diri. Hal ini karena ia belum menemukan tim yang tepat hingga akhir pengerjaan Lemi Notes, sehingga masih banyak bug dan konten yang belum diselesaikan.

Aplikasi Lemi Notes belum dipasarkan secara resmi, karena masih dalam tahap pengembangan. Ade berencana merampungkan pengembangan Lemi Notes bersama tim yang akan ia bentuk.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER