Johnson & Johnson Indonesia; Dukung Aksi Nyata Penanggulangan TBC

Johnson & Johnson Indonesia; Dukung Aksi Nyata Penanggulangan TBC

Johnson & Johnson Indonesia; Dukung Aksi Nyata Penanggulangan TBC

Serahkan donasi kepada POP TB

Surabaya, Kabarindo- PT Johnson & Johnson menyerahan secara simbolis donasi sebesar Rp.57.760.000 kepada Perhimpunan Organisasi Pasien TBC (POP TB).

Donasi ini merupakan dana yang terkumpul dari kegiatan TOSS TBC Virtual Run yang diselenggarakan pada 17-31 Agustus 2020. Hasil donasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendukung aksi nyata penanggulangan TBC di Indonesia.

Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu fokus utama dari Johnson & Johnson dalam hal perbaikan kesehatan masyarakat (public health). Johnson & Johnson di Indonesia menyadari bahwa industri juga berperan penting mendukung upaya pemerintah dalam mengakhiri TBC di Indonesia. Sejak 2015, PT Johnson & Johnson Indonesia turut berperan aktif dalam program pemberantasan TBC yang berfokus pada edukasi dan peningkatan kesadaran public, peningkatan kapasitas dan terkait dengan akses terhadap diagnosa dan perawatan.

Di tengah pandemi global Covid-19, Kementerian Kesehatan RI didukung oleh PT Johnson & Johnson Indonesia tetap melakukan berbagai inisiatif untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai TBC dan TBC RO (resisten obat). Tahun ini, kampanye sosialisasi Ayo TOSS TBC kembali dilakukan melalui kegiatan berlari secara virtual bertajuk TOSS TBC Virtual Run.

TOSS TBC Virtual Run mengajak partisipasi masyarakat untuk mengambil bagian dan berperan aktif dalam mendukung pencegahan dan penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO di Indonesia, salah satunya melalui aktivitas berolahraga. Kegiatan ini dilakukan melalui saluran komunikasi yang aman dan tidak mengumpulkan massa. Media online, radio dan influencers di sosial media juga turut berperan aktif dalam menyosialisasikan kegiatan ini serta mendukung edukasi mengenai TBC. TOSS TBC Virtual Run yang berlangsung selama dua minggu diikuti oleh lebih dari 400 orang dari berbagai penjuru di Indonesia, sebanyak 341 peserta di antaranya mendapatkan medali sebagai tanda keberhasilan mereka dalam menyelesaikan kompetisi ini dengan berlari sejauh 13,8 km.

PT Johnson & Johnson Indonesia mengajak para peserta virtual run untuk membantu mengedukasi masyarakat umum mengenai TBC dengan mengikuti kompetisi foto melalui media sosial. Terdapat lebih dari 10 foto finalis yang berhasil dikumpulkan dari kompetisi ini dan didapatkan 3 pemenang, yaitu Werru Andi Suprianu (@andiwerhu), Maria Penta Heksa (@mariapenta) dan Widi Story (@widystory).

“Kami mengapresiasi seluruh masyarakat dan pihak yang telah ikut serta dan berperan aktif dalam membantu meningkatkan kesadaran terhadap TBC kepada masyarakat Indonesia. Dengan adanya berbagai inisiatif terkait TBC yang dilakukan secara berkesinambungan, kami berharap ke depannya seluruh masyarakat semakin sadar dan paham mengenai TBC dan TBC RO serta pengobatannya. Kita juga dapat membantu dan mendukung pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi penyakit TBC dan TBC R, sehingga dapat mengeliminasi TBC pada 2030,” ujar Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia.

Penulis: Natalia Trijaji