Java Paragon Ajak Ibu-ibu; Manfaatkan Kain Sisa

Java Paragon Ajak Ibu-ibu; Manfaatkan Kain Sisa

Java Paragon Ajak Ibu-ibu; Manfaatkan Kain Sisa

Bikin Yoyo kain, tingkatkan kreativitas dan ciptakan peluang usaha

Surabaya, Kabarindo- Masih dalam rangka Hari Ibu, Java Paragon Hotel & Residences bekerja sama dengan seorang fashion educationist, Aryani Widagdo, dan salah satu radio di Surabaya telah menggelar kegiatan untuk kaum perempuan.

Rendy Eka Saputra, Public Relation Manager Java Paragon, mengatakan sekitar 30 ibu dari Surabaya dan sekitarnya diajarkan pengetahuan mengenai pemanfaatan kain sisa untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan peluang usaha.

Aryani mengatakan, selama ini asap pabrik dan limbah industri dianggap sebagai penyumbang polusi terbesar di dunia. Namun tidak banyak yang tahu bahwa sampah industri fashion juga menjadi penyumbang polusi yang berbahaya. Karena itu, ia mengajak para ibu untuk memanfaatkan kain sisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan indah.

Berlokasi di The Avenue Lounge Bar, Aryani menunjukkan cara membuat beragam kreasi seni dari kain sisa. Kegiatan kali ini menitikberatkan pada kreasi pembuatan yoyo kain. Aryani menjelaskan, Yoyo merupakan salah satu motif dari kain yang bisa dibentuk beragam motif, mulai kotak, lonjong, bulat hingga berbentuk hati.

Para peserta yang mayoritas ibu rumah tangga tersebut mendapat satu modul berupa kain yang sudah digambar dengan berbentuk daun dan bunga. Mereka juga diberikan perlengkapan seperti jarum, gunting dan benang. Mereka tampak antusias dan telaten mulai membentuk kain menyerupai daun, batang dan bunga. Warna dan pola tusukan bisa disesuaikan dengan kreativitas masing-masing.

“Wah rasanya asik dan seru. Kebetulan saya suka menjahit. Ini bisa menjadi kegiatan pada waktu senggang dan bisa saya manfaatkan juga sebagai usaha kecil di rumah,“ ujar Yanti, salah satu peserta.

Sebagai bentuk apresiasi, dipilih 3 pemenang yang merepresentasikan segi artistik, kerapian dan ketepatan waktu. Mereka dipilih oleh desainer Embran Nawawi dan mendapatkan hadiah makan malam di The Cafe, salah satu restoran di Java Paragon.

Penulis: Natalia Trijaji