Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Indosat Ooredoo Business; Berperan Aktif dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia

Indosat Ooredoo Business; Berperan Aktif dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia

Hiburan | Kamis, 16 Mei 2019 | 18:46 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Indosat Ooredoo Business; Berperan Aktif dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia

Indosat Ooredoo Business; Berperan Aktif dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia

Jatim sudah mengimplementasikan smart city, nantinya meliputi seluruh kota dan kabupaten di Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Tingkat urbanisasi di Indonesia yang tinggi mencapai lebih dari 56% penduduk akan tinggal di perkotaan menyebabkan kompleksitas permasalahan kota berkembang sangat cepat.

Untuk itu diperlukan solusi baru yang inovatif dalam menyelesaikan permasalahan kota, yaitu solusi yang dapat memberikan kapasitas yang lebih besar dari pada kebutuhan. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ICT merupakan salah satu teknologi yang memiliki potensi inovatif yang tinggi untuk menyelesaikan berbagai tantangan perkotaan.

Group Head ICT Product & Solution Indosat Ooredoo, Budiharto, mengatakan Indosat Ooredoo Business memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkontribusi dalam pembangunan smart city di Indonesia guna mewujudkan manajemen perkotaan yang lebih maju dengan sistem yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan.

“Smart city merupakan inisiatif penting dari pemerintah di era revolusi industri 4.0. Konsep solusi Smart City Indosat Ooredoo dirancang untuk mencapai outcome yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah di perkotaan, warga kota & komunitas bisnis untuk menciptakan tata kelola pemerintahan & transparansi, layanan publik yang baik, pertumbuhan ekonomi dan efisiensi biaya,” ujarnya.

Indosat Ooredoo membangun arsitektur smart city mulai dari pondasi dasar berupa jaringan atau infrasruktur telekomunikasi, layanan TIK (data center dan manage services), komputasi awan dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi dan berkesinambungan.

Jawa Timur adalah salah satu propinsi yang sudah mengimplementasikan smart city. Pemkab. Bangkalan, Pemkab. Blitar, Pemkab. Gresik, Pemkab. Malang, Pemkab. Nganjuk, Pemkab. Pamekasan, Pemkab. Pasuruan, Pemkab. Probolinggo, Pemkab. Sidoarjo, Pemkot. Batu, Pemkot. Probolinggo dan Pemkot. Surabaya telah terbantu oleh solusi connectivity, internet, command center dan aplikasi yang terintegrasi untuk menunjang implementasi smart city.

Indosat Ooredoo Business juga ikut serta pada pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City tahap III 2019 di Jakarta. Indosat Ooredoo Business berperan aktif sejak diluncurkannya gerakan yang diprakarsai oleh Kemenkominfo RI ini. Salah satu isi programnya adalah pendampingan untuk implementasi smart city berbasis ICT. Indosat Ooredoo sebagai technology advisor dalam BIMTEK yang diadakan di kota/kabupaten yang terseleksi oleh Kemenkominfo RI. Kemenkominfo melanjutkan program pendampingan pada 2019 terhadap 25 kota dan kabupaten melalui proses yang sama seperti yang telah dilakukan pada 2017 dan 2018.

Program Gerakan Menuju 100 Smart City ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota dan kabupaten di luar 100 kota dan kabupaten yang terpilih oleh Kominfo melalui inisiatif daerah masing-masing. Dengan demikian membangun smart city tidak hanya terhenti di 100 kota dan kabupaten tersebut, namun juga akan meliputi seluruh kota dan kabupaten di Indonesia yang pada akhirnya akan menjadikan bangsa Indonesia sebagai smart nation.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER