IFI Surabaya Kolaborasi ITS; Gelar Pameran Proyek Arsitektur

IFI Surabaya Kolaborasi ITS; Gelar Pameran Proyek Arsitektur

IFI Surabaya Kolaborasi ITS; Gelar Pameran Proyek Arsitektur

Tampilkan 20 proyek arsitektur dan profil arsitek yang meraih penghargaan pada edisi tahun 2016

Surabaya, Kabarindo- Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya bekerja sama dengan Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar pameran Album des Jeunes Architectes et Paysagistes (AJAP) atau Album Arsitek dan Arsitek Lanskap Muda pada 5 – 9 November 2018 di Selasar Arsitektur Departemen Arsitektur, Kampus ITS.

Perhelatan ini diprakarsai oleh Kementrian Kebudayaan Prancis dan digelar setiap 2 tahun sekali untuk mengapresiasi arsitek-arsitek muda berbakat, berusia kurang dari 35 tahun. Bentuk pameran berkeliling ini didesain sedemikian rupa agar mudah dipahami dan ditampilkan. Modulnya seperti kursi besar yang dengan bebas ditampilkan di ruang pameran.

Pameran ini telah digelar di berbagai negara. Institut Français (baca: Angstitu Frangsé) yang berpusat di Paris membawa pameran edisi penghargaan AJAP 2016 ke berbagai jaringan budaya Prancis di luar negeri, termasuk Indonesia.

Di sini, pameran singgah di Bali pada Oktober lalu, awal November di Surabaya, selanjutnya dijadwalkan berkeliling ke Jogjakarta, Jakarta dan Bandung. Pameran ditujukan untuk masyarakat umum, klien publik dan swasta yang diajak untuk mengandalkan generasi muda pada perancangan arsitektur.

Pameran menampilkan 20 proyek arsitektur & profil arsitek yang meraih penghargaan pada edisi tahun 2016. Pembukaan pameran diadakan pada Senin (5/11/2018) dengan diskusi seputar dunia arsitektur di Prancis bersama Direktur IFI Surabaya, Benoit Bavouset.

Pierre de Montigny (baca: Pièr de Montinyi) adalah salah satu arsitek Prancis dari tim Mutations Architectes, agensi arsitektur yang merupakan salah satu pemenang penghargaan AJAP 2016. Dalam rangka tur pameran AJAP 2016, ia akan tur ke beberapa kota di Indonesia untuk menjadi pembicara diskusi atau memberi workshop bertema arsitektur.

Workshop bertema arsitektur oleh Pierre de Montigny akan berlangsung pada Rabu (7/11/2018) yang akan memandu project para mahasiswa jurusan arsitektur.

Penulis: Natalia Trijaji