IFI Surabaya Gandeng Philharmonique de la Roquette; Siap Gelar Konser Sinema

IFI Surabaya Gandeng Philharmonique de la Roquette; Siap Gelar Konser Sinema

IFI Surabaya Gandeng Philharmonique de la Roquette; Siap Gelar Konser Sinema

Kelompok musisi spesialis komposisi musik pengiring yang dimainkan secara langsung saat pemutaran film bisu atau pementasan tari, teater dan pembacaan puisi

Surabaya, Kabarindo- Institut Prancis di Indonesia (IFI) Surabaya siap menggelar konser sinema bersama band Prancis, Philharmonique de la Roquette (baca: Filharmonik de la Roket), pada Selasa (11/9/2018) di Ciputra Hall, Sekolah Ciputra, Puri Widya Kencana, Citraraya Surabaya.

Pramenda Krishna, Penanggung Jawab Budaya & Komunikasi IFI Surabaya, mengatakan acara tersebut tidak dipungut biaya dan terbuka untuk segala umur maupun keluarga.

Ia menamahkan, Philharmonique de la Roquette akan mengunjungi Jombang sebelum konser untuk mengadakan Talk & Demo Ciné-Concert bagi para pelajar di kampus Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, pada Senin 10 September 2018. Acara ini merupakan hasil kerja sama dengan Unipdu.

Philharmonique de la Roquette terdiri dari sekelompok musisi spesialis komposisi musik pengiring yang dimainkan secara langsung pada saat pemutaran film bisu atau pementasan tari, teater dan pembacaan puisi.

Band Prancis tersebut beranggotakan Laurent Bernard (baca: Lorong Bernar) yang memainkan keyboard, Lilian Bencini (baca: Liliang Bencini) yang memainkan kontrabas dan bas serta Julien Kamoun (baca: Juliang Kamun) yang menangani baWerie, musik scie dan theremin.

Philharmonique telah menyuguhkan konser-sinema sejak 14 tahun lalu. Dibentuk di kota Arles, kawasan La Roquette di Prancis, mereka memainkan musik-musik yang ditulis sebelum pemutaran film atau dimainkan dengan cara berimprovisasi disesuaikan dengan adegan film.

Format seni pertunjukan konser-sinema itu sendiri telah ada sejak awal sejarah perfilman. Pada saat itu, film-film bisu diiringi lantunan musik seorang pianis. Philharmonique tidak hanya memberikan ilustrasi suara pada film yang diputar, tetapi juga mengarahkan imajinasi penonton sepanjang pemutaran film.

Penulis: Natalia Trijaji