Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > House of Sampoerna Gandeng Seniman Muda STKW; Gelar Pameran Keramik

House of Sampoerna Gandeng Seniman Muda STKW; Gelar Pameran Keramik

Gaya hidup | Selasa, 10 Maret 2020 | 18:08 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
House of Sampoerna Gandeng Seniman Muda STKW; Gelar Pameran Keramik

House of Sampoerna Gandeng Seniman Muda STKW; Gelar Pameran Keramik

Usung judul Tanah Air Beta, kenalkan bentuk keramik sebagai seni rupa murni

Surabaya, Kabarindo- Berbeda dengan seni rupa terapan atau seni kriya, keramik seni rupa murni lebih mengutamakan nilai estetika, tercipta bebas tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya.

Untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan ragam bentuk keramik seni rupa murni ini, Galeri Paviliun House of Sampoerna menggandeng seniman muda dari jurusan Seni Rupa Murni STKW menggelar pameran bertajuk Tanah Air Beta pada 6 – 27 Maret 2020.

Tanah Air Beta dipilih sebagai judul pameran oleh 14 seniman muda STKW untuk menjelaskan material dalam proses pembuatan keramik yaitu Tanah sebagai bahan dasar, Air unsur utama penyatu bahan lainnya dan Beta yang digambarkan sebagai keahlian serta kejelian masing-masing seniman dalam menghantarkan ketiga unsur penting tersebut menjadi karya yang indah.

Seperti karya seni lainnya, keramik juga memiliki tantangan tersendiri dalam proses pembuatannya. Seniman harus mampu memadukan keterampilan tangan, konsentrasi pikiran dan rasio hati dalam waktu yang bersamaan.

Sebanyak 25 keramik yang dipamerkan, diciptakan dengan kombinasi teknik pinching (pijatjari), pilin, putar dan slap (membentuk lempengan pada papan kayu) lalu diproses melalui pembakaran. Salah satunya adalah karya Rano berjudul “Menu Hari Ini.” Melalui karyanya ini, Rano mencoba menafsirkan biasnya kebutuhan primer dan sekunder.

Pesan yang diusung oleh seniman dalam pergelaran karya ini adalah masyarakat mengetahui perkembangan seni keramik yang memiliki potensi sangat besar dan berkelanjutan.

Agus Priyanto, seorang peserta pemeran berharap pameran tersebut dapat menginspirasi seniman muda lainnya serta mendorong lahirnya keramikus muda yang sarat akan eksperimentasi serta turut melestarikan seni keramik sebagai seni rupa murn.

Rani Anggraini, Manager House of Sampoerna berharap melalui pameran ini masyarakat lebih mengenal, mengapresiasi bentuk seni keramik murni.

“Semoga pameran ini dapat menjadi ajang pertemuan dan diskusi para pelaku dan pencinta seni khususnya seni keramik serta menginspirasi generasi muda untuk menjelajahi dan mendalami jenis-jenis seni rupa, ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER