FESTIVAL RELAWAN 2018; Bertajuk AMBIL PERAN JADI RELAWAN

FESTIVAL RELAWAN 2018; Bertajuk AMBIL PERAN JADI RELAWAN

Jakarta Selatan, Kabarindo- Wujudkan niat baik untuk perubahan baik bisa dilakukan siapa saja dengan dukungan dari komunitas, organisasi, pemerintah, dan masyarakat Indonesia.
 
Kerelawanan sendiri dapat menjadi sebuah kekuatan dalam mewujudkan niat baik menjadi aksi baik. Kegiatan kerelawanan sendiri banyak bentuknya, namun kuncinya adalah sifat sukarela.

"Adanya keterbukaan dari komunitas dan organisasi untuk mau bekerja sama dengan relawan, dapat di katakan sebagai upaya terpenting dalam menarik minat orang lain agar mau ikut mengubah niatnya menjadi aksi baik yang bermanfaat", ungkap Marsya Nurmaranti, Community Manager Indorelawan.

Apresiasi terhadap kolaborasi antara komunitas atau organisasi dengan relawan, diwujudkan dengan sebuah momentum yang dinamakan "Festival Relawan". Acara ini di inisiasi oleh Indorelawan, Campaign, dan Indonesian Future Leaders yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia, khususnya anak muda untuk ikut berperan menjadi relawan.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, Festival Relawan 2018 mengambil tema "Ambil Peran Jadi Relawan" pada 1 Desember 2018 di Piazza Area Gandaria City Mall dan terbuka untuk umum.

Acara ini sendiri menjadi puncak kegiatan Hari Relawan Internasional yang jatuh pada tanggal 5 Desember dan peringatan bencana tsunami Aceh tanggal 26 Desember.

Festival Relawan 2018 menghadirkan sejumlah tokoh ternama, seperti Morgan Oey (Aktor dan Ambassador Indorelawan), Najeela Shihab (Penggagas Semua Murid Semua Guru), Faisal Basri (Indonesian Economist & Politician), Pangeran Siahaan (Co-Founder Asumsi.co), Ayu Kartika Dewi (Co-Founder Sabang Merauke), Christian Bong (Founder @indomusikgram), Chiki Fauzi (Spokeperson Wardah), Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015 & Founder of Bangun Sekolah) dan banyak lagi.

Selain itu juga ada penampilan seni dan musik, talk show, serta ada 15 booth peserta yang dapat dikunjungi oleh peserta untuk mengenal lebih jauh tentang kegiatan-kegiatan sosial lewat mini volunteering.

"Lewat acara ini bisa menguatkan silaturahmi antar relawan dan komunitas atau organisasi untuk terus bergerak dan berkolaborasi mewujudkan Indonesia yang lebih baik", ucap Gregy Gustavo, Programme Manager Indonesian Future Leaders.

Sebagai penginisiasi acara ini, Indorelawan merupakan sebuah wadah online yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan relawan yang memiliki talenta dan potensi. Diluncurkan pada tahun 2014, telah menghubungkan lebih dari 80.000 relawan dengan lebih dari 1.600 organisasi sosial di Indonesia.

Selain Indorelawan, Campaign dan Indonesia Future Leaders juga merupakan penginisiasi acara ini. Campaign dibangun di Indonesia secara khusus untuk membantu para pembuat perubahan di seluruh dunia, memberdayakan mereka untuk mampu mengorganisir kampanye secara lebih baik. Campaign sendiri telah mendukung lebih dari 1.000 komunitas dan lebih dari 120.000 changemakers untuk membangun lebih dari 700 kampanye sosial.

Sementara Indonesian Future Leaders (IFL) merupakan organisasi pemuda non profit yang memfokuskan kegiatannya pada pemberdayaan pemuda dan kerelawanan sosial.

IFL bercita-cita membuat pemuda Indonesia kompeten san menginspirasi untuk menjadi pemimpin masa depan. Festival Relawan akan berlanjut dengan berbagai macam aktifitas dari komunitas atau organisasi dalam bulan relawan nasional sejak tanggal 2 - 20 Desember 2018.

Penulis: Yudhi Permana