East Meets West Crab Buffet; Nikmati Lezatnya Menu Dari Kepiting

East Meets West Crab Buffet; Nikmati Lezatnya Menu Dari Kepiting

East Meets West Crab Buffet; Nikmati Lezatnya Menu Dari Kepiting

Kreasi Executive Chef Kamal Silva dari Shangri-La Hotel Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Seafood digemari hampir semua orang. Masakan berbahan dasar hewan laut seperti udang, kepiting, cumi-cumi dan lainnya selalu menggugah selera untuk segera menyantapnya dan mampu menggoyang lidah saat menikmatinya.

Hal ini pula yang mendorong Executive Chef Kamal Silva, chef baru di Shangri-La Hotel Surabaya, menyajikan sejumlah menu berbahan dasar kepiting olahannya untuk makan malam tamu dalam “East Meets West” Crab Buffet di resto Jamoo selama 16-27 April.

Chef Kamal yang berasal dari Srilanka dan warga Kanada ini sudah berpengalaman selama 27 tahun yang didapat dari sejumlah restoran dan jaringan hotel internasional, mulai dari negara kesultanan Oman, Uni Emirat Arab hingga Kanada. Ia juga pernah bergabung di salah satu jaringan hotel Shangri-La di Singapura.


Menurut Chef Kamal, keahliannya di bidang kuliner dipengaruhi oleh kakak kandungnya yang berprofesi sebagai pastry chef di Sri Lanka. Ia menempuh pendidikan di Asia Lanka Education School. Setelah lulus, ia mulai berkarir pada 1991 dan mengembangkan diri sesuai gaya kulinernya.

 

Sebagai Executive Chef di Shangri-La, Chef Kamal bertanggungjawab terhadap 7 restoran termasuk room service serta banqueting untuk acara gathering, wedding ataupun perusahaan.

 

Khusus pada “East Meets West” Crab Buffet, ia berkreasi dengan menyajikan menu-menu dari kepiting yang lezat diantaranya Singapore Chilli Crab yang agak pedas, Salted Egg Crab vs Crab Linguine ala Italia serta Crab Mac and Cheese ala Amerika. Chef Kamal mengaku, konsep ini menandingkan olahan kepiting ala Timur vs Barat.

 

Ia memilih olahan dari kepiting karena ia paham dan sangat menyukai kepiting, mengingat Srilanka adalah penghasil kepiting yang berkualitas dan dagingnya enak. Sedangkan Singapura terkenal dengan olahan kepiting yang lezat. Paduan itu ia kreasikan dalam menu-menu di atas. Namun Chef Kamal tak perlu menggunakan bahan kepiting jauh-jauh dari Srilanka. Cukup kepiting lokal yang tak kalah enak. Yang penting bagaimana mengolahnya menjadi menu yang lezat.

“Saya menggunakan bahan-bahan yang segar untuk langsung diolah, karena aroma alami yang dikeluarkan akan memberi kesan pada lidah kita,” kata Chef Kamal.

Jonathan Reynolds, G
eneral Manager Shangri-La Surabaya, senang oleh kehadiran Chef Kamal di hotelnya. Ia mengatakan, pengalaman kuliner Chef Kamal dan kepiawaiannya dalam berkreasi mengolah beragam menu akan menarik minat tamu untuk bersantap di Shangrila.

 

“Saya yakin dengan passion-nya terhadap kuliner akan mendukung tujuan hotel ini dalam menawarkan variasi kuliner di Jawa Timur, khususnya di Surabaya,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji