eFishery Dari Indonesia; Terpilih Jadi Startup Terbaik

eFishery Dari Indonesia; Terpilih Jadi Startup Terbaik

Jakarta, Kabarindo- eFishery berhasil memenangkan Seedstars Jakarta babak regional dalam Seedstars World 2014, kompetisi startup global untuk pasar berkembang dan scene startup yang tumbuh pesat

Anda perlu tahu bahwa eFishery, alat pemberi pakan pintar untuk perikanan asal Indonesia, telah memenangkan tempat pertama sebagai Pemenang Regional dalam Seedstars World (SSW) Jakarta. Alat temuan
Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy—alumni Institut Teknologi Bandung ini, mengawinkan teknologi global dan sensitivitas lokal untuk menciptakan alat pemberi pakan ikan otomatis dan terjadwal untuk segala jenis ikan dan udang, dengan dosis yang tepat. Jadwal setiap pemberian pakan pun dapat diakses secara real-time melalui berbagai
gadget.

Sebagai Pemenang Regional dari Indonesia, eFishery akan diundang ke Jenewa, Swiss, pada Februari 2015 untuk berkompetisi dengan Pemenang Regional lain secara global di puncak final
Seedstars World dan berkesempatan memenangkan modal investasi hingga 500.000 US Dolar.

"Kami percaya bahwa ide yang unik ini adalah ide yang dibutuhkan untuk sukses— bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Seedstars World," kata Gibran, yang juga merupakan CEO dari eFishery.

Seedstars World merampungkan event regional mereka di Jakarta, dijamu oleh The Best Western Premier – The Hive Hotel, dan menetapkan 3 startup pemenang di Indonesia dengan eFishery di posisi pertama, KitaBisa—sebuah platform crowdfunding Indonesia di posisi kedua, dan Tinker Games—sebuah startup gaming di posisi ketiga.

"Yang paling menarik dari Indonesia adalah besar pangsa pasarnya. Ketika startups dari Asia Tenggara bicara tentang mengembangkan pasar, mereka akan berpikir tentang Indonesia. Bisnis perikanan di sini adalah industri besar dan eFishery adalah contoh hebat dari ide lokal yang datang dari pasar berkembang seperti Indonesia. Ide ini inovatif dan potensial dikembangkan," kata Julien Berthomier, penyelenggara Seedstars World dan anggota dewan juri Seedstars World Jakarta.

"eFishery adalah jenis startup yang ingin kami bawa ke Jenewa. Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa ide jutaan dolar ini datang dari startup Indonesia, memperlihatkan bahwa startup Indonesia tidak hanya meniru startup lain yang sudah sukses di pasar global."

Bermarkas di Jenewa, Swiss, dan didirikan oleh Alisee de Tonnac dan Pierre-Alain Masson, kompetisi Seedstars World (SSW) ini didukung oleh venture builder Seedstars SA. Setelah edisi pertama yang sukses di 20 kota pada 2013, SSW memperluas kompetisinya secara masif ke lebih dari 30 negara. Pemenang regional akan diundang ke Jenewa pada Februari 2015 untuk ‗menjual‘ gagasannya—demi mendapatkan investasi ekuitas yang mencapai nilai 500.000 US Dolar. Acara regional menghadirkan maksimal 20 startups yang harus membuktikan kehebatan mereka dalam sesi pitching selama 6 menit, dan menjawab berbagai pertanyaan dari para ahli yang menjadi juri lokal, juga perwakilan dari Seedstars World.

Alisee de Tonnac, CEO SSW, mengatakan bahwa ―Seedstars World akan mengadakan kompetisi dunia ini setiap tahun, dan kami berharap untuk terus tumbuh secara eksponensial di berbagai belahan dunia; juga memetakan semua scene startup yang berkembang pesat.