Cicipi Nasi Goreng Biru; Menggoda Mata dan Selera

Cicipi Nasi Goreng Biru; Menggoda Mata dan Selera

Cicipi Nasi Goreng Biru; Menggoda Mata dan Selera

Dinikmati bersama minuman Choco Oreo

Surabaya, Kabarindo- Anda penyuka nasi goreng (nasgor)? Mungkin anda sudah sering menikmati bermacam nasgor mulai dari yang biasa, nasgor teri, nasgor udang, nasgor kepiting, nasgor seafood bahkan nasgor pete dan lainnya.

Tapi anda perlu mencoba nasgor yang satu ini, Nasi Goreng Biru yang disajikan Hotel Santika Pandegiling Surabaya di Restoran Kemangi. Menu spesial ini kreasi Executive Chef Ervin Triana.

Ia menuturkan, menu tersebut dinamai Nasi Goreng Biru, karena berwarna biru yang berasal dari bunga Telang. Menurut Chef Ervin, bunga ini sebenarnya dulu termasuk tanaman liar yang hidup di daerah berhawa sejuk. Namun sekarang sangat jarang ditemui, terutama di perkotaan. Ia memperoleh bunga Telang dari daerah di Jawa Tengah.

“Idenya berasal dari keinginan untuk membuat nasi goreng yang spesial, berbeda dari yang lain dengan warna yang cantik dan rasanya tetap enak. Lalu muncul ide untuk menggunakan bunga Telang yang menghasilkan warna biru, tapi aman untuk dimakan. Bunga Telang juga bisa dikeringkan dan disedu untuk teh, karena bagus untuk kesehatan,” ujarnya.

Bahan Nasi Goreng Biru adalah 5 tangkai bunga Telang dan beras putih 1 kg. Rendam keduanya selama satu hari untuk mengambil warna biru dari bunga tersebut. Setelah 1 hari, beras berubah warna, kemudian dikukus menjadi nasi untuk diolah menjadi nasi goreng.

Cara membuat bumbunya mudah. Tumis bawang putih, masukkan telur dan daging ayam yang sudah di potong-potong dan udang. Kemudian masukkan sayuran seperti jagung, wortel, kacang polong sebagai pemanis agar terlihat bermacam warna cantik. Selanjutnya tambahkan bumbu pelengkap lada, garam dan merica. Nasi Goreng Biru siap dihidangkan bersama emping melinjo.

Nasi Goreng Biru bisa dipesan sebagai menu ala carte yang baru. Menurut Chef Ervin, banyak tamu yang memesannya, karena tertarik untuk mencicipinya. Mereka penasaran bagaimana rasanya dan ternyata suka.

Nasi Goreng Biru bisa dinikmati bersama minuman Choco Oreo racikan Martono, F&B Coordinator. Ia menjelaskan cara membuat minuman berwarna coklat tua ini. Coklat, kopi, susu dan oreo di-blend jadi satu, kemudian tambahkan toping whipped cream dan remahan oreo di atasnya.

“Choco Oreo bisa dipesan setiap saat. Disajikan dingin, cocok dinikmati saat mulai musim kemarau sekarang ini,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji