Asuransi Astra; Raih Insurance Market Leader 2019

Asuransi Astra; Raih Insurance Market Leader 2019

Asuransi Astra; Raih Insurance Market Leader 2019

Asuransi Astra mencatatkan penguasaan pasar sebesar 6,67% dari total pengumpulan premi langsung

Surabaya, Kabarindo- Berdasarkan premi bruto yang dicapai dalam laporan Keuangan Publikasi per Desember 2018, Asuransi Astra berhak dinobatkan menjadi Insurance Market Leader 2019 dari Majalah Media Asuransi.

Penghargaan Insurance Market Leader 2019 ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang berhasil mencatatkan kinerja keuangan lebih besar dan dominan selama 2018 dibandingkan para pesaingnya. Penilaian didasarkan pada kajian yang dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) kepada 73 perusahaan asuransi umum berdasarkan para premi langsung yang ditampilkan pada neraca publikasi tahun 2017 2018. Hasilnya terdapat 15 perusahaan asuransi umum yang berhasil menempati posisi teratas pada riset ini dan dinobatkan menjadi market leaders.

Secara keseluruhan, perolehan premi langsung secara total dari 73 perusahaan asuransi umum tumbuh cukup memuaskan. Pada 2017 tercatat perolehan premi langsung industri asuransi umum sebesar Rp.60,23 triliun dan meningkat menjadi Rp.66,45 triliun pada 2018. Kemudian menurut hasil kajian LRMA, terdapat 15 perusahaan market leaders industri asuransi umum yang berhasil mendominasi penguasaan pasar asuransi umum tahun 2018 yaitu sebesar 63,73 % dengan mencatatkan pendapatan premi langsung sebesar Rp.42,34 triliun dari lotal 64,45 triliun yang diperoleh 73 perusahaan asuransi umum. Asuransi Astra sebagai salah satu dari 15 perusahaan market leaders berhasil mencatatkan penguasaan pasar sebesar 6,67% dari total pengumpulan premi langsung. Angka ini merupakan implementasi dari capaian premi langsung perusahaan pada 2018 yang secara nominal tercatat sebesar Rp.4,43 triliun.

Lia Singgih, SVP Accounting & Finance Asuransi Astra, mengatakan kinerja bagus yang dicapai Asuransi Astra sepanjang 2015 sehingga dapat menghasilkan premi bruto sebesar Rp 4,5 triliun bisa terjadi karena diversifikasi yang dilakukan terhadap bisnis yang dijalankan. Masing-masing lini bisnis diharapkan mampu menciptakan pertumbuhan yang berkesinambungan dan saling mendukung.

“Kami juga berupaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dengan mengintegrasikan saluran layanan offline dengan innovasi layanan secara online guna rnemenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang, terutama di era digital saat ini. Untuk tahun selanjutnya, Asuransi Astra dapat menjaga konsistensi dalam penerapan strategi 3P Roadmap (Portfolio, People dan Public Contribution) dan alokasi investasi kepada target yang tepat agar kami dapat menangkap peluang terhadap kondisi market yang ada,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji