Astra Kembangkan 750 Desa Sejahtera; Tersebar di 34 Provinsi

Astra Kembangkan 750 Desa Sejahtera; Tersebar di 34 Provinsi

Astra Kembangkan 750 Desa Sejahtera; Tersebar di 34 Provinsi

Fokus pada pemberdayaan kewirausahaan di tingkat desa sesuai dengan potensi masing-masing

Surabaya, Kabarindo- Sejak Juni 2019, Astra telah mengembangkan 645 Desa Sejahtera Astra (DSA) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Astra melanjutkan komitmennya untuk mengembangkan 105 desa lainnya, sehingga total menjadi 750 DSA.

Komitmen tersebut ditandai dengan perpanjangan nota kesepahaman pengembangan DSA dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes) di acara Kick-Off Desa Sejahtera Astra 2020 yang diadakan secara virtual.

Astra juga menyepakati kerja sama baru dengan berbagai pihak lainnya, seperti Kementerian Agama RI dan belasan kabupaten di berbagai daerah untuk turut menjadi pihak-pihak yang menandatangani perjanjian kerja sama, antara lain Kabupaten Maluku Tengah, Gorontalo, Bone, Flores Timur dan Banyuwangi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, mengatakan kerja sama tersebut selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya poin ke-17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

“Pemerintah tidak mungkin berjalan sendiri dalam usaha menyejahterakan masyarakat desa. Dukungan yang kita rasakan sejak lama salah satunya dari Astra, yang terus mendampingi desa-desa dengan tahapan sistematis, mulai dari persiapan sarana hingga pemasaran,” ujarnya.

Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, menambahkan Astra berharap DSA dapat menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lainnya, agar semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program ini.

Halim maupun Djony menyaksikan secara virtual penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama yang berlangsung di Menara Astra. Hadir pula Sekretaris Jendral Kemendes, Anwar Sanusi, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes RI, Samsul Widodo, bupati dari berbagai daerah dan Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Pada kesempatan yang sama, Astra juga meluncurkan buku “Inspirasi dari Kampung Berseri‟ yang akan dibagikan gratis kepada berbagai stakeholder, termasuk para penggerak Kampung Berseri Astra (KBA) dan DSA. Buku ini berisi kisah-kisah inspiratif dari KBA dan DSA yang harapannya dapat menginspirasi siapapun, yang ingin memberikan pengaruh positif terhadap wilayah tempat tinggalnya. Ada pula webinar yang membahas mengenai perkembangan badan umum milik desa (BUMDes) digital.

DSA fokus pada pemberdayaan kewirausahaan di tingkat desa sesuai dengan potensi desa masing-masing. Warga desa diberikan pendampingan mulai dari pelatihan, bantuan prasarana hingga fasilitas modal dan pemasaran produk.

Penulis: Natalia Trijaji