AMD; Perluas Jajaran Prosesor Desktop Ryzen Threadripper

AMD; Perluas Jajaran Prosesor Desktop Ryzen Threadripper

AMD; Perluas Jajaran Prosesor Desktop Ryzen Threadripper

Berikan pengalaman komputasi tingkat tinggi mulai dari sepuluh jutaan

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan ketersediaan dua model baru dari prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua yaitu Ryzen Threadripper 2970WX dengan 24 core dan 48 thread, serta Ryzen Threadripper 2920X dengan 12 core dan 24 thread.

Seri Ryzen Threadripper WX memberikan jumlah core terbanyak di kelasnya dan dirancang untuk para prosumer yang berfokus pada komputasi bertenaga untuk menjalankan pekerjaan paling berat. Sebaliknya, seri Ryzen Threadripper X memberikan performa tinggi bagi para antusias, gamers dan streamer untuk pengalaman bermain game yang halus dan indah berkat base dan boost clockspeed prosesor yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

“Kepemimpinan dan inovasi AMD mendorong transformasi drastis pada pasar HEDT (High End Desktop) dan PC secara keseluruhan. Keluarga AMD Ryzen Threadripper menjadi pusat antusiasme global ini. Kami sedang memperluas antusiasme ini sambil memastikan bahwa pasar HEDT tetap mudah diakses oleh lebih banyak pembuat konten dan pemain game dengan kedua prosesor Threadripper baru dengan harga mulai dari sepuluh jutaan,” kata Saeid Moshkelani, Senior Vice President and General Manager Client Compute AMD.

Prosesor 24 core/48 thread Ryzen Threadripper 2970WX dan prosesor 12 core/24 thread Ryzen Threadripper 2920X menawarkan multi-threading tak terkalahkan dengan performa multi-threaded hingga 39% dan 55% lebih cepat dibandingkan dengan Core i9-7960X dan Core i7-7820X secara berurutan. Ryzen Threadripper 2920X juga menawarkan pengalaman bermain game 4K maupun 4K30 pada proses encoding 40.000 Kilobit per second (Kbps) encoding, sehingga pemain game dapat mengunggah video stream dengan lancar.

Prosesor 2970WX maupun 2920X menawarkan peningkatan performa ray-tracing hingga 32% lebih cepat dan peningkatan enkripsi hingga 60% lebih cepat dibandingkan Core i9-7960X dan Core i7-7820X secara berurutan.

Prosesor-prosesor Ryzen Threadripper WX memiliki fitur utama, software Dynamic Local Mode (DLM), mengoptimalkan performa aplikasi dengan memastikan thread yang paling menuntut untuk selalu diutamakan untuk menerima time on core dengan memori lokal. Fitur ini akan terkonfigurasi secara otomatis dengan mengunduh AMD Ryzen Master pada sistem-sistem berbasis Ryzen Threadripper 2990WX maupun 2970WX.

Ketika diaktifkan, Dynamic Local Mode rata-rata menghasilkan 15 peningkatan performa pada CPU-CPU Seri Ryzen Threadripper WX untuk aplikasi-aplikasi tertentu, termasuk benchmark SPECwpc dan game-game seperti PUBG, Far Cry 5 dan Alien: Isolation. AMD juga berencana untuk memperluas fitur ini untuk lebih banyak pengguna dengan menyertakan Dynamic Local Mode sebagai paket bawaan pada pembaharuan driver chipset AMD yang akan datang.

Seluruh CPU Ryzen Threadripper generasi kedua didukung oleh ekosistem penuh motherboard-motherboard baru yang menarik dengan desain dari pabrikan motherboard papan atas termasuk ASRock, ASUS, Gigabyte dan MSI serta platform X399 yang telah ada dengan pembaharuan BIOS sederhana.

Selama periode akhir 2018, pabrikan-pabrikan motherboard tersebut menawarkan paket motherboard mulai 2,5 jutaan dengan pembelian CPU-CPU Ryzen Threadripper. Model prosesor 24 core/48 thread Ryzen Threadripper 2970WX dan prosesor 12 core/24 thread 2920X telah tersedia dari retailer global. Sistem-sistem SI menarik juga telah tersedia dari berbagai mitra global.

Sistem Alienware Area-51 Threadripper Edition menawarkan prosesor-prosesor Ryzen Threadripper generasi kedua. Alienware Area-51 yang baru dengan desain ikoniknya akan menyertakan pilihan prosesor bertenaga 16-core Ryzen Threadripper 2950X dan 12-core Ryzen Threadripper 2920X. Sebagai tambahan, Alienware akan memperluas portofolio Area 51 R7 dengan menyertakan prosesor 8-core Ryzen Threadripper 1900X.

Kerja sama dengan AMD terus berlangsung dengan penambahan CPU Ryzen Threadripper generasi kedua pada Alienware Area-51 12 dan 16-core kami. Desktop Alienware andalan kami dibangun untuk performa gaming yang menakjubkan dengan kemampuan mega-tasking. Mengikuti kesuksesan edisi AMD Threadripper yang pertama, Ryzen Threadripper generasi kedua akan terus memampukan komunitas kami untuk bermain game, men-streaming serta berkreasi dengan performa dan kualitas yang diwakilkan oleh merek Alienware,” ujar Frank Azor, Vice President and General Manager, Alienware, G Series and XPS.

Penulis: Natalia Trijaji