Alpines Condotel; Jaring Meningkatnya Wisatawan di Batu

Alpines Condotel; Jaring Meningkatnya Wisatawan di Batu

Alpines Condotel; Jaring Meningkatnya Wisatawan di Batu

PT Prima Lima Tiga gandeng PT Oase Arta Kapital terbitkan Short Term Borrowing untuk pengembangan kondotel

Surabaya, Kabarindo- PT Prima Lima Tiga telah menunjuk PT Oase Arta Kapital (OAK Capital) untuk menerbitkan Short Term Borrowing (STB) guna pengembangan Alpines Condotel di kota Batu, pada Selasa (8/10/2019).

Jalinan kerja sama dan investasi tersebut ditandai dengan penandatanganan Surat Penunjukan Penerbitan STB oleh Isaac Nugraha Munandar, Direktur Utama PT Prima Lima Tiga, dan Lawrence Tjandra, Komisaris Utama PT Oase Arta Kapital.

Tjandra menyebutkan, investasi yang dikucurkan sebesar Rp.100 miliar untuk meningkatkan produktivitas dan penyelesaian proyek Alpines Condotel, seperti pembangunan finishing di tower kedua hotel dan pengembangan berbagai fasilitas. Proyek ini diharapkan selesai sesuai rencana. Setelah STB diterbitkan dan berhasil diserap oleh pasar, PT Prima Lima Tiga dapat berkembang menjadi perusahaan developer yang sangat menjanjikan.

Isaac mengatakan, pengembangan kondotel tersebut dilakukan, karena melihat potensi Batu yang sangat bagus sebagai daerah tujuan wisata. Sektor pariwisata di kota Batu terus berkembang. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah wisatawan di kota ini serta dukungan pemerintah kota. Selain itu, perjalanan ke Batu menjadi lebih cepat setelah ada jalan tol.

“Tempat-tempat wisata di Batu terus bertambah. Saat ini bermunculan obyek wisata baru yang menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi,” ujarnya.

Potensi tersebut ditopang dengan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah yang berdampak terhadap ektor pariwisata Batu. Jumlah kunjungan wisatawan di kota ini meningkat signifikan pada 2018, mencapai 5.644.168 kunjungan, dengan komposisi 5.633.611 wisatawan domestik dan 10.557 wisatawan mancanegara. Angka tersebut naik dari jumlah wisatawan pada 2017 yang mencapai 4,7 juta orang.

Menurut Isaac, terus meningkatnya wisatawan tersebut belum diimbangi dengan jumlah hotel berbintang di Batu. Karena itu, pihaknya membangun Alpines Condotel untuk mengakomodir. Ia mengatakan, tempat penginapan memang cukup banyak, namun hotel berbintang dan kondotel masih sedikit.

Isaac optimis, Alpines Condotel akan mampu menjaring lebih banyak tamu. Ia merujuk pada tingkat okupansi selama periode soft opening rata-rata 85%, bahkan jika weekend mencapai 100%. Ia mengatakan, pada weekdays okupansinya sebesar 85% yang didominasi oleh tamu-tamu MICE dari goverment dan perusahaan-perusahaan swasta. Sedangkan pada weekend umumnya dari keluarga dan rombongan.

Isaac menargetkan okupansi hingga akhir tahun ini mencapai 85%. Ia optimis akan tercapai mengingat lokasi Alpines Condotel strategis, terletak di jalan utama kota Batu, sekitar 5-10 menit dari berbagai obyek wisata seperti Jatim Park 1, 2 dan 3.

Kondotel tersebut memiliki 142 kamar dan dilengkapi berbagai fasilitas yang sudah beroperasi maupun sedang dibangun seperti wedding chapel, swimming pool, rooftop cafe dan ballroom yang dapat menampung 500 orang.

Penulis: Natalia Trijaji