ACS Group Tawarkan Solusi TI; Untuk Dunia Pendidikan

ACS  Group Tawarkan Solusi TI; Untuk Dunia Pendidikan

ACS Group Tawarkan Solusi TI; Untuk Dunia Pendidikan

Gandeng beberapa prinsipal terkemuka

Surabaya, Kabairndo- Seiring perkembangan zaman, semua bidang kini mutlak membutuhkan TI termasuk pendidikan. Sayangnya belum semua pihak terkait memahaminya atau memahaminya namun terkendala oleh dana.

Merespon hal ini, ACS Group mengadakan Solution Day in Education Industry pada Rabu (18/7/2018) untuk memberikan wacana solusi TI di dunia pendidikan yang diikuti 44 peserta dari 26 SMA dan universitas di Surabaya dan sekitarnya.

Boedijanto, Branch Manager ACS Group Surabaya, mengatakan terdapat banyak sekolah dan universitas di kota-kota di Jawa Timur seperti di Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, Jember. Selain menerima siswa dan mahasiswa dari Jatim, banyak siswa dan mahasiswa dari luar Jatim bahkan dari Indonesia timur yang menempuh pendidikan di berbagai sekolah dan universitas tersebut.

Sekolah maupun perguruan tinggi tentunya membutuhkan TI untuk berbagai kegiatan seperti Automated Identification and Data Capture (AIDC), Information and Communication Technolongy (ICT), Surveliance and Security System dan Profesional Services ( Integration Service, Software Development, R n D).

“Belum semua sekolah dan perguruan tinggi menerapkan solusi TI, padahal mutlak diperlukan seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan dunia pendidikan. Ada yang belum memahami kebutuhan tersebut, ada yang memahami tapi terkendala kurangnya bujet. Cara menyiasatinya bisa dengan menerapkan secara bertahap,” ujarnya.

Karena itu, ACS Group memberikan wacana pentingnya solusi TI dengan menggandeng beberapa prinsipal yang diharapkan bisa menjawab kebutuhan ini di bidang pendidikan. Prinsipal-prinsipal tersebut adalah Aruba HPE, Fortinet, Nutanix dan Hikvision. ACS Group sendiri juga mengembangkan Document Asset dan Tracking System (DATS).

Aruba Networks di bawah Hewlett Packard Enterprise adalah vendor solusi jaringan komputer untuk perusahaan dan bisnis secara global. Aruba Networks memiliki fokus untuk membawa solusi Wireless LAN WiFi ke jaringan perusahaan. Setelah diakuisisi oleh Hewlett-Packard pada 2015, Aruba Networks menjadi sebuah kesatuan dari Hewlett Packard Enterprise dengan membawa solusinya masuk ke jaringan kampus besar maupun bisnis kecil menengah.

Fortinet merupakan spesialis di bidang High Performance Network Security dan saat ini berada di Posisi Magic Quadrant Leader di Gartner 2017 untuk Enterprise Firewall. Pada masa sekarang, perusahaan maupun dunia pendidikan memerlukan Network security untuk melindungi Data Center ataupun jaringan di universitas dari serangan hacker, malware dan lainnya. Solusi Fortinet dapat membantu memastikan keamanan dan keandalan jaringan di sekolah maupun universitas.

Nutanix merupakan perusahaan cloud computing yang bermarkas di San Jose California dan memberikan solusi bagi perusahaan maupun lembaga pendidikan berskala global. Nutanix membawa enterprise cloud platform yang simple untuk membangun data center, sehingga TI bisa lebih fokus dalam memberikan masukan pada core business suatu perusahaan ataupun lembaga pendidikan.

Hikvision telah melayani pelanggan di seluruh dunia untuk produk kamera CCTV, speed domes, sistem kontrol akses dan alarm, serta berbagai perangkat pengawasan dan keamanan canggih lainnya. Produk Hikvision telah sukses membantu beragam industri seperti ritel, perbankan dan keuangan, transportasi, pendidikan, komersial, perumahan serta institusi pemerintah. Beberapa solusi dari Hikvision diantaranya Face Recognition ( pengenalan wajah), License Plate Recognition( pengenalan plat kendaraan), Under Vehicle Screening Sytem (pengamanan bawah kendaraan), Smart Analytic Camera, Central Monitoring & Central Storage System.

Sedangkan Document Asset dan Tracking System (DATS) adalah software aplikasi web, mobile dan desktop yang dirancang dan dikembangkan oleh ACS Group. Aplilkasi ini mengintegrasikan teknologi RFID dan barcode untuk mengelola dokumen secara efektif dan efsien. DATS mempunyai penampilan user-interface yang sederhana sehingga mudah mengoperasikannya. Selain itu bisa menghasilkan berbagai laporan untuk kebutuhan perpustakaan seperti peminjaman dan pengembalian buku serta statistik jumlah kunjungan. RFID mempercepat proses pencarian tiap buku dengan scanning dari Tag RFID di buku, sehingga bisa lebih spesifik. Hal ini juga bisa untuk verifikasi saat melewati gate, sehingga terlihat buku-buku mana saja yang sudah terverifikasi dengan benar ataupun tidak dengan adanya alert dari system DATS tersebut.

Penulis: Natalia Trijaji