ZTE 2015; Rilis Demo SDN Di Mobile World Congress

ZTE 2015; Rilis Demo SDN Di Mobile World Congress

Jakarta, Kabarindo- ZTE Corporation telah meluncurkan sistem pengoperasian dan pemeliharaan jaringan akses radio IP atau IP RAN berdasarkan teknologi software defined networking (SDN) yang elastis di acara Mobile World Congress 2015 di Barcelona.

Jaringan SDN memungkinkan sistem pengoperasian dan pemeliharaan tersebut untuk mengimplentasikan manajemen terpadu di IP RAN melalui alat pengatur SDN. Sebanyak 90 persen dari kinerja sistem tersebut bisa dilakukan dengan satu sentuhan di terminal mobile, yang bisa menghemat minimal 30 persen dari biaya tenaga kerja. Solusi inovatif yang memperkenalkan teknologi SDN ke jaringan IP RAN untuk mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan telah mendapatkan perhatian luas dari komunitas operator.

Ini adalah pertama kalinya teknologi SDN di IP RAN dari ZTE didemonstrasikan dan diperbincangkan. Pada acara tersebut, solusi ini meraih ketertarikan khusus, terutama sekitar mode pengoperasian dan pemeliharaan baru, yang termasuk tanpa konfigurasi serta fungsi plug-and-play di peralatannya, penerapan layanan dengan satu sentuhan, dan perlindungan jalur layanan yang otomatis.

Melonjaknya kebutuhan akan data mobile menyebabkan para operator mobile bekerja keras untuk menerapkan jaringan 4G demi memudahkan pengaturan jaringan mereka pada saat terjadi lonjakan trafik data mobile.

Hasilnya jaringan mobile bearer IP RAN menghadapi tekanan pengaturan yang signifikan. Konsekuensinya, para operator memusatkan perhatian mereka pada bagaimana cara mengatasi dampak lonjakan trafik data, mengatur IP RAN secara efektif, dan mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan yang tinggi. IP RAN yang elastis dan solusi SDN milik ZTE secara efektif mengatasi permasalahan tersebut dengan mengenalkan arsitektur SDN dan mengadopsi teknologi virtualisasi. Teknologi tersebut menjalankan manajemen terpadu pada perangkat access layer dan aggregation layer dengan menggunakan sebuah pengatur SDN.
Perlengkapan yang memiliki kemampuan plug-and-play dan penerapan pelayanan dengan satu sentuhan memungkinkan 90 persen dari tugas pengoperasian dan pemeliharaan bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan satu tombol. Solusi tersebut bukan hanya sangat mengurangi beban kerja pengoperasian dan pemeliharaan, tapi juga menyederhanakan kompleksitas tugasnya. Dengan meluncurkan versi PC, versi portable application description (PAD), dan aplikasi telepon selular secara simultan, para pengguna dapat melakukan tugas pengoperasian dan pemeliharaan jaringan di luar ruang peralatan dan menyelesaikan 90 tugas pengoperasian dan pemeliharaan yang rutin dengan menggunakan perangkat mobile.

Sebagai penyedia perangkat dan solusi komunikasi terdepan di dunia, ZTE telah banyak berinvestasi pada penelitian SDN. Uji coba jaringan global optical SDN intercommunication diselenggarakan oleh Open Networking Foundation (ONF) dan Optical Internetworking Forum (OIF). Sertifikasi kenyamanan openFlow dan pelaksanaan uji coba di jaringan operator yang sudah tersedia menunjukan inovasi yang luar biasa dari ZTE di industri SDN. Selanjutnya, ZTE akan menyediakan inovasi melalui penggunaan SDN yang berkelanjutan dalam membangun jaringan komunikasi Mobile ICT yang baru, guna memastikan pengalaman jaringan yang telah dikembangkan.