Yuk Jadikan Google Maps; Teman Anda Berliburan

Yuk Jadikan Google Maps; Teman Anda Berliburan

Jakarta, Kabarindo- Liburan Lebaran segera tiba dan selalu menjadi saat yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Bagi mereka yang merayakan, libur lebaran biasanya digunakan untuk mengunjungi kampung halaman (tradisi mudik) guna bertemu dan
menghabiskan waktu bersama sanak saudara.

Kemanapun tujuan anda, jangan lupa untuk membuat perencanaan terlebih dahulu.  Bagi anda yang akan merencanakan perjalanan mudik tahun ini dan bagi anda yang sering mengandalkan situs pencarian untuk mencari segala informasi, Google Maps dapat menjadi solusi yang akan membantu anda untuk merencanakan perjalanan mudik atau liburan anda dengan lebih praktis dan tentunya efektif.

Berikut ini ada beberapa tip untuk merencanakan liburan anda :
- Cari jalan yang paling nyaman untuk menuju tempat tujuan anda.  Pergi/pulang pada saat arus mudik dapat memakan waktu yang lama oleh karena itu ada baiknya jika anda melakukan perencanaan dan membiasakan diri dengan rute yang akan dilalui terlebih dahulu. Perencanaan dapat dimulai dengan mencari jalan menuju tempat tujuan, kemudian carilah rute alternatif yang dapat anda gunakan jika jalanan macet atau ada kecelakaan dijalan. 

Hal ini dapat menghemat waktu anda di perjalanan.  Untuk mengurangi resiko kendaraan mogok, anda juga dapat melihat jarak yang akan anda tempuh untuk estimasi berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan mobil anda. Informasi ini dapat anda temukan dengan mudah melalui Google Maps. Selain itu, anda juga dapat menggunakan Google Maps untuk memberikan informasi kepada anggota keluarga.

- Coba sekarang: ketik rumah anda (misalnya : Mampang Prapatan) lalu pilih destinasi anda (misalnya : Pekalongan), maka rute perjalanan dan jarak tempuh yang anda butuhkan akan tampil di layar. Anda dapat melihat alternative jalan hanya dengan klik dan menarik ke bawah/atas rintas jalan yang telah dipilih, hingga rute alternatif langsung tampak di layar anda. Setelah itu, simpan penemuan anda dan sebarkan informasi tersebut ke keluarga anda.

- Cari informasi mengenai segala kebutuhan perjalanan anda menggunakan Google Maps.  Dalam merencanakan perjalanan anda, ada baiknya jika anda mencari informasi tentang tempat peristirahatan yang dapat anda kunjungi ketika mengantuk saat berkendara, penginapan terdekat jika anda ingin beristirahat, restoran atau SPBU yang berlokasi di sepanjang perjalanan anda.

-  Coba sekarang : Anda dapat klik kanan pada rute perjalanan yang ada di Google Maps anda dan klik “what’s here”, lalu ketik tempat yang ingin anda ketahui (misalnya : SPBU).  Secara otomatis, Google Maps akan menunjukkan SPBU yang sejalan dengan rute perjalanan anda, lengkap dengan nama SPBU serta alamat. Anda juga dapat klik “what’s where”, lalu ketik restoran yang ingin anda kunjungi (misalnya : restoran Padang), Google Maps akan menunjukkan restoran Padang yang ada disepanjang jalan anda, lengkap dengan alamatnya.

-  Catat semua penemuan anda di My Places.  Anda dapat menyimpan tempat-tempat menarik mulai dari tempat wisata hingga restoran yang anda temui dengan menggunakan Tempatku (atau My Places). Selain menyimpan kenangan anda, anda juga dapat membagikan informasi mengenai tempat-tempat tersebut ke keluarga dan teman anda.