Yuk Film Nonton Indonesia; Di kineforum

Yuk Film Nonton Indonesia; Di kineforum

Cikini, Jakarta, Kabarindo- Sambut Bulan Film Nasional tahun ini, kineforum Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) merangkai suatu acara bertajuk “Nonton Film Nonton Indonesia”.

Judul tersebut diambil dari judul tulisan JB Kristanto (jurnalis dan kritikus film senior) untuk harian Kompas pada 7 Juli 1985 dan menjadi judul buku untuk kumpulan tulisan beliau yang terbit pada September 2004.
 
Lewat “Nonton Film Nonton Indonesia”, kineforum DKJ hendak mengajak publik untuk kembali melihat perjalanan film yang menggambarkan persoalan kultural dan sosial di Indonesia dulu dan sekarang, seraya mengapresiasi pembuat-pembuat film yang memiliki orisinalitas dalam sikap, gagasan, dan cara mengemukakan keduanya melalui keterampilan teknis lewat karya mereka. Selain itu, kita juga bisa membahas beberapa fenomena di film Indonesia yang belakangan ini diperbincangkan.

Kami mengajak kawan-kawan untuk hadir mengikuti empat program dalam rangkaian “Nonton Film Nonton Indonesia” selama kurang lebih satu bulan. Pada kesempatan ini, kineforum DKJ juga merilis sebuah program reguler baru untuk anak-anak yang diberi nama KineKids. Penjelasan tiap program dapat dilihat pada masing-masing kata pengantar.

Pemutaran dan penayangan film dalam program ini akan dikenakan donasi sebesar Rp 15.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp 20.000 pada hari Sabtu-Minggu serta hari libur nasional. Sebagian donasi yang terkumpul akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan teknis ruang kineforum, agar bisa semakin baik lagi ke depannya.