Yuk Cicipi Sup Tulang Ayam Asam Pedas; Beda Dari Yang Lain

Yuk Cicipi Sup Tulang Ayam Asam Pedas; Beda Dari Yang Lain

Surabaya, Kabarindo- Anda penggemar sup? Mungkin anda pernah bahkan sering menikmati bermacam sup, mulai dari sup sayuran biasa yang terbuat dari wortel, kentang dan buncis, sup makaroni, sup asparagus kepiting jagung manis, sup bibir ikan, sup konro dan sup-sup lainnya dari masakan Barat.

Tapi anda perlu mencoba sup yang satu ini, Sup Tulang Ayam Asam Pedas kreasi Executive Sous Chef Loloh Priyo Galih dari Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya yang merupakan hidangan spesial pada Oktober ini.

Ia menuturkan, ide untuk membuat sup tersebut timbul karena melihat tulang-tulang ayam yang dibuang setelah diambil dagingnya. Kemudian ia manfaatkan tulang tersebut dan mengolahnya menjadi sup yang sedap, tak kalah dengan sup biasanya.

“Tulang kan mengandung kalsium yang bagus untuk kesehatan, terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Sayang kalau dibuang. Maka saya olah jadi sup yang rasanya tak kalah enak dengan sup lainnya,” ujar Chef Loloh pada Minggu (5/10/2014).

Untuk memberikan rasa yang beda dari sup biasanya, ia mengolahnya dengan menambahkan rasa sedikit asam dari blimbing wuluh dan agak pedas dari cabe rawit. Memang cabe rawitnya hanya beberapa, namun cukup memberikan rasa pedas. Kombinasi rasa ini memberikan sensasi berbeda di lidah. Gurih, sedikit asam dan agak pedas.

Chef Loloh menjelaskan cara mengolahnya yang mudah dan simple. Tulang diambil dari tulang paha, sayap dan ceker kemudian dipotong kecil-kecil 2 cm lalu direbus hingga setengah empuk lalu tiriskan. Juga potong-potonglah tomat dan blimbing wuluh. Untuk bumbunya, irislah tipis-tipis bawang merah dan putih lalu tumis sampai harum bersama lombok merah, cabe rawit, serai, laos dan daun salam. Selanjutnya rebus lagi tulang ayam dan masukkan bumbu yang sudah ditumis bersama irisan tomat dan blimbing wuluh. Tunggu sampai tulang empuk.

Sup Tulang Ayam Asam Pedas cocok disantap dengan nasi hangat dan kerupuk. Menu ini bisa dinikmati setiap saat, siang ataupun malam. Bagi penggemar pedas, jika merasa masih kurang pedas, bisa menambah pendamping menu dengan sambal bajak.

Menurut Chef Loloh, teman minum yang pas adalah es teh. Namun boleh saja memilih yang lain sesuai selera, misalnya es jeruk atau jus. Minuman lain yang layak dicoba adalah Virgin Chucky racikan Bartender Umar Farouq.

Minuman berwarna merah ini terasa menyegarkan lidah dan tenggorokan. Pas dinikmati saat siang yang gerah pada musim kemarau ini. Umar meraciknya dari buah-buahan stroberi, pisang, blueberry, yogurt dan simple syrup sebagai pemanis. Semua bahan diblender bersama es batu. Sajikan dalam gelas cantik dan hiasi dengan garnish irisan buah.


Tertarik Mencicipi....?