Yayasan Danamon Peduli; Resmikan Program Pasar SEJAHTERA

Yayasan Danamon Peduli; Resmikan Program Pasar SEJAHTERA

Metro, Lampung, Kabarindo- Yayasan Danamon Peduli (“Danamon Peduli”) sukses menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat sekaligus memanfaatkan momentum untuk meresmikan Unit Percontohan Program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) di Pasar Tejoagung, Kota Metro, Lampung. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Pemerintah Kota Metro, Lampung.

“Festival Pasar Rakyat dan peresmian Unit Percontohan Pasar SEJAHTERA di Pasar Tejoagung merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk merevitalisasi pasar tradisional dengan memberdayakan pelaku pasar dan berkerja sama dengan Pemerintah dan otoritas setempat. Skema public-private partnership ini menjamin kesinambungan dari program ini, sehingga pelaku pasar dan masyarakat sekitarnya dapat terus menerima manfaat dari program ini,” kata Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar SEJAHTERA dengan fokus pelaksanaan program pada: (i) revitalisasi fisik pasar dan (ii) revitalisasi non fisik, seperti peningkatan kapasitas kelembagaan dan edukasi untuk peningkatan kesadaran perubahan perilaku hidup bersih dan sehat. Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar SEJAHTERA, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng, Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir sudah diserahterimakan kepada Pemerintah setempat.

Memasuki tahun ke-5 perjalanan program Pasar SEJAHTERA, Danamon Peduli mengambil langkah strategis dalam pengembangan fokus pelaksanaan program, yaitu pada aspek promosi. Kegiatan promosi mendorong pasar rakyat mampu bersaing dengan pasar ritel modern yang diharapkan dapat memenangkan hati masyarakat. Dengan tema Kampanye Nasional 2015  “Mengembalikan Pasar Rakyat Menjadi Primadona Perekonomian Indonesia,” rangkaian kegiatan yang menampilkan kekayaan sebuah pasar dengan melihat dari aspek sejarah, budaya, kearifan lokal, kekayaan komoditas dan kuliner yang dikemas secara kreatif dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat digelar dengan nama acara “Festival Pasar Rakyat Tejoagung.”

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Sri Agustina, Subdit PKS Kementerian Kesehatan, Yuli Karmen,  Sekda Kota Metro, Drs. Hi. Ishak, M.H, Wakil Direktur Utama Danamon Muliadi Rahardja, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi.

Bertempat di Pasar Tejoagung Kota Metro, Festival Pasar Rakyat berbagai kegiatan digelar seperti lomba masak olahan ikan, lomba mural melukis tong sampah untuk pelajar, dan penghijauan pasar dengan gerakan “Satu Pedagang Satu Pohon.” Khusus membahas warisan kuliner khas Lampung “Seruit,” nara sumber lokal Yohana melakukan demo masak sekaligus menceritakan filosofi indahnya kearifan lokal dibalik kebiasaan “Nyeruit” bersama Pemerhati Kuliner, Arie Parikesit dan Junior Master Chef Indonesia, Zidan sebagai simbol golongan muda yang setia kepada pasar rakyat.

“Kampanye nasional untuk pasar rakyat adalah rangkaian kegiatan untuk menyebarluaskan pesan sosial bahwa pasar adalah ruang publik tempat interaksi sosial tertua Bangsa Indonesia yang harus terus kita kembangkan dan dijaga. Salah satunya melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat, dimana kami mengundang berbagai pihak untuk berperan aktif dan memanfaatkannya sebagai alat menyampaian pesan mengenai misi dan keberpihakan perusahaan tersebut kepada ekonomi kerakyatan,” tambah Restu Pratiwi.

Kemitraan untuk pasar rakyat telah dibuktikan dengan bergabungnya Indofood, Kecap Bango, Kelana Rasa, dan MP Pro pada kegiatan Festival Pasar Rakyat Tejoagung. Saling mengisi  dengan keahlian masing-masing perusahaan namun menjadikannya satu kekuatan bersama untuk kemajuan pasar rakyat. Ke depannya Festival Pasar Rakyat diharapkan menjadi sebuah kegiatan rutin di pasar rakyat.