XL Tuntaskan Modernisasi Jaringan 2G Di Jatim; Optimalkan Layanan

XL Tuntaskan Modernisasi Jaringan 2G Di Jatim; Optimalkan Layanan

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyelesaikan proses modernisasi jaringan pada kanal 2G di Jawa Timur. Acara penutupan (Closing Ceremony) berlangsung di Hotel Sheraton Surabaya, Selasa (17/12).

Pada modernisasi jaringan ini, XL bekerja sama dengan Huawei yang menerapkan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN”. Keuntungan penerapan teknologi ini adalah hemat listrik hingga 70%, penggunaan ruangan yang semakin kecil dan pengoperasian yang semakin mudah.

“Kami terus beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju. Salah satunya dengan memodernisasi jaringan yang dilakukan sejak tahun lalu di berbagai wilayah Indonesia. Ini langkah strategis yang kami ambil dalam layanan tekomunikasi, terutama layanan data,” ujar Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir.

Mnurut Account Director Delivery PT Huawei Tech Invesment, Zhu Yi, kerja sama tersebut sejalan dengan visi Huawei yaitu melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat dalam menyambut era Mobile Broadband.

Agus mengatakan, XL melakukan modernisasi terhadap 1773 site 2G eksisting dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya. Proses modernisasi jaringan berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan.

“Pelanggan yang menggunakan jaringan 2G akan bisa merasakan peningkatan performa jaringan kami," ujarnya.

Proses dimulai dari Surabaya kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan di Jawa Timur yang berlangsung mulai 29 Mei lalu. Proyek selesai dikerjakan sesuai jadwal sekaligus untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

Vice President XL East Region, Titus Dondi, mengatakan modernisasi jaringan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap semua jenis layanan yang terus meningkat. Modernisasi ini juga sebagai antisipasi XL dalam meningkatkan akses pelanggan terhadap layanan data dimana pelanggan membutuhkan kecepatan maupun sinyal yang stabil.

"Moderninsasi jaringan 2G yang kami lakukan ini adalah salah satu langkah untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan khususnya pengguna layanan data,” ujarnya.

Agus mengatakan, jaringan 2G tetap penting bagi XL meski operator – operator lain fokus mengembangkan jaringan 3G. Ia memprediksi hingga 5 tahun ke depan, pengguna jaringan 2G masih akan tumbuh meski tidak secepat pertumbuhan 3G.

XL akan melanjutkan ekspansi 2G ke beberapa daerah di Jatim seperti Madiun, Tulungagung, Bawean dan Madura. Sedangkan untuk 3G difokuskan di kota - kota besar seperti Surabaya, Malang dan Jember.

XL akan terus memperluas jaringan untuk melayani lebih banyak pelanggan dan kebutuhan komunikasi masyarakat yang lebih besar serta memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di propinsi Jawa Timur.

Saat ini jumlah pelanggan XL di Jawa Timur sekitar 7,3 juta yang ditopang oleh lebih dari 3.300 BTS 2G/3G. Layanan XL menjangkau area hingga kecamatan.