XL Luncurkan Layanan 4G LTE; Di Lombok

XL Luncurkan Layanan 4G LTE; Di Lombok

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk telah meluncurkan komersialisasi layanan 4G LTE di Mataram, Lombok. Ini adalah peluncuran layanan 4G LTE pertama oleh XL di frekuensi 1800 MHz yang pada 6 Juli 2015 secara resmi lisensinya dikeluarkan oleh pemerintah secara serentak untuk 5 operator.
 
Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, mengatakan masyarakat Lombok memberikan kepercayaan kepada XL untuk kebutuhan telekomunikasi yang berkembang ke layanan data dan internet dengan pangsa lebih dari 85%.
 
Saat ini XL telah memiliki 14 BTS 4G untuk menjangkau sejumlah area di Mataram yang mencakup pusat kegiatan pemerintahan, bisnis dan aktivitas warga, juga pusat keramaian di antaranya pusat perbelanjaan Mataram Mall.
 
Masyarakat Mataram menjadi yang pertama di Indonesia yang bisa menikmati semua keunggulan dan manfaat dari layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial. Setelah Lombok, menyusul di Bandung, Surabaya, Denpasar dan Jakarta. Kota-kota yang sebelumnya terjangkau layanan 4G LTE di frekuensi 900 MHz juga bisa menikmati layanan di 1800 MHz yaitu Medan, Bogor dan Yogyakarta.
 
Total BTS 4G XL di seluruh area layanan mencapai lebih dari 200 unit dengan jumlah pelanggan 4G lebih dari 200 ribu. Sementara di Lombok, XL memiliki 1.200 BTS dan lebih dari 1,54 juta pelanggan. Terdapat 3 XL Center di Lombok yaitu di daerah Pejanggik, Selong, dan Mataram Mall.
 
Ongki menjelaskan, layanan 4G LTE di 1800 MHz secara teknis mempunyai keunggulan khusus. Dengan frekuensi ini, manfaat teknologi 4G LTE bisa secara maksimal diberikan kepada masyarakat. Masyarakat bisa secara mudah mengakses 4G LTE karena ekosistemnya lebih mudah dibangun, seperti antara lain ketersediaan smartphone dengan kemampuan akses 4G LTE dengan harga terjangkau.
 
Layanan 4G LTE juga memungkinkan akses internet super cepat hingga 100 Mbps. Infrastruktur jaringannya lebih leluasa karena khusus untuk layanan 4G. Manfaat lainnya adalah sejumlah aplikasi khusus multifungsi di antaranya VoLTE (Voice over LTE) dan Rich Communication Suite over LTE (RCS). Aplikasi ini memiliki beragam fitur antara lain untuk menelpon, video call, chatting dan berbagi file dokumen dalam kapasitas besar. Aplikasi ini mendukung produktivitas termasuk untuk urusan bisnis, karena menawarkan kecepatan pengiriman dokumen dengan file berkapasitas besar, juga kualitas tinggi untuk video call dan multimedia.
 
Pelanggan XL yang hendak mendapatkan layanan 4G LTE bisa menukarkan kartu SIM secara gratis dengan aktiviasi langsung dan cepat, serta tersedianya layanan 4G roaming. XL menyediakan kartu SIM khusus 4G sebanyak 1 juta unit dan program gratis pulsa.