XL Fasilitasi Pemasaran Digital; Untuk Produk Kerajinan Nusantara

XL Fasilitasi Pemasaran Digital; Untuk Produk Kerajinan Nusantara

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam pemanfaatan layanan internet dan digital. Kerja sama diwujudkan dalam nota kesepahaman yang telah ditandatangani di Jakarta.
 
Kerja sama tersebut bertujuan mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia. Layanan internet dan digital dipandang perlu sebagai sarana yang strategis untuk promosi produk kerajinan nasional agar dikenal oleh pasar yang lebih luas, termasuk secara global.
 
Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Umum Dekranas, mengapresiasi kerja sama tersebut untuk pembelajaran, promosi dan pemasaran e-commerce bagi para perajin dengan memanfaatkan internet dan teknologi bergerak (internet & mobile technology). Pada era sekarang, pemanfaatan internet sangat diperlukan, karena memungkinkan para perajin langsung mempromosikan dan memasarkan produk mereka tidak hanya di dalam negeri tetapi juga ke luar negeri.

Presiden Direktur XL, Dian siswarini mengatakan dalam rilis yang diterima pada Kamis (29/10/2015), XL dan Elevenia siap memfasilitasi para perajin di berbagai wilayah Nusantara dalam mengenalkan produk ke pasar yang lebih luas, termasuk ke mancanegara.
 
Kerja sama tersebut mencakup penyediaan website www.dekranas.id , sosialisasi dan edukasi mengenai e-commerce atau pemasaran secara digital, pemasaran produk kerajinan melalui Elevenia, serta promosi melalui layanan mobile advertising dari XL.
 
Website dekranas.id akan menjadi portal informasi mengenai organisasi Dekranas dan  berbagai data mengenai perajin serta produk kerajinan yang diproduksi. Masyarakat Indonesia maupun internasional bisa mudah mendapatkan rujukan mengenai produk kerajinan asli Indonesia yang berasal dari berbagai daerah.
 
Perajin juga mendapatkan akses untuk mendaftarkan diri dan memamerkan produk di halaman profil para perajin yang dapat selalu di-update dan menjadi etalase bagi masing-masing perajin. Selain itu tersedia daftar pemasok bahan baku yang memudahkan perajin menghubungi mereka. Sedangkan program sosialisasi dan edukasi pemasaran digital akan didukung Elevenia dan Sisternet. Agenda dan materi pelatihan bisa diakses di website.
 
Rencana untuk program sosialisasi dan edukasi dimulai pada 2016 mengikuti program kerja Dekranas/Dekranas Daerah yang disinkronisasi dengan agenda Elevenia dan program Sisternet. Elevenia akan ikut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah berjualan.