Wisatawan Tongkok; Paling Minati Sulut

Wisatawan Tongkok; Paling Minati Sulut

Manado, Kabarindo- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Faizal Anwar mengatakan warga asal Tiongkok paling banyak berkunjung ke daerah tersebut pada Februari 2014.

"Wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang ke Sulut di Februari 2014 didominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 237 orang atau 21 persen," kata Faizal, di Manado, Kamis.

Dikatakan Faizal, kemudian diikuti warga Jerman berjumlah 98 orang atau 9,08 persen dan warga Singapura sebanyak 80 orang atau sebesar 7,41 persen.

"Wisman berkunjung ke Sulut sepanjang Februari 2014 tercatat 1.079 orang," jelasnya.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulut Albert Nicolaas mengatakan jumlah wisman pada Februari 2014 sebanyak 1.079 orang, turun cukup signifikan dari tahun sebelumnya sebanyak 1.552 orang.

Menurutnya, kunjungan wisman ke Sulut di Februari 2014 menurun sebesar 30,48 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

"Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya juga mengalami penurunan sebesar 36,30 persen," kata faizal.

Katanya, kunjungan wisman ini perlu terus didorong sehingga memberikan dampak yang cukup baik ke sektor perekonomian di Sulut.

"Pemerintah daerah perlu meningkatkan sejumlah tempat wisata sehingga minat wisman datang ke Sulut semakin tinggi," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.