Wisatawan Manca Negara; Kagumi Pesona Lereng Merapi

Wisatawan Manca Negara; Kagumi Pesona Lereng Merapi

Sleman, Kabarindo– Gelaran event Jelajah Wisata dengan peserta sebanyak 900 orang yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, akhir pekan kemarin memberikan kesan tersendiri bagi para peserta kegiatan trekking tersebut.

Diantaranya adalah Miriama, seorang peserta asal Fiji yang menyatakan kekagumannya terhadap keindahan dan pesona lereng Merapi bagian Selatan.

Menurutnya jalur trekking yang dilalui meski dinilai cukup sederhana namun menunjukkan panorama alam yang asri dan mengesankan. Terlebih lagi di beberapa ruas jalur para peserta dapat melihat perkembangan kondisi pasca erupsi 2010, selain tentunya ada juga suasana pedesaan yang masih asli dan alami. Ini semua mengesankan. Hal yang sama disampaikan oleh Ali Jaku asal Tanzania. Keduanya merupakan mahasiswa program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) di jurusan Ekonomi dan jurusan Pariwisata pada Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Ali mengungkapkan ketertarikannya dengan pengemasan promosi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman melalui penyelengaraan event sebagaimana Jelajah Wisata tersebut. Ini sungguh merupakan inovasi dan kreativitas yang perlu dikembangkan. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah promosi dan publikasi kegiatan dimaksud, sehingga melalui kegiatan semacam ini akan menggemakan potensi pariwisata yang ditawarkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman dr. Sunartono, M.Kes saat mewakili Bupati Sleman ketika melepas peserta Jelajah Wisata tersebut mengharapkan agar kegiatan Jelajah Wisata menjadi agenda tahunan yang berkualitas dalam mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Sleman. Selain itu kegiatan semacam itu diharapkan dapat meningkatkan kepedulian untuk menjaga kelestarian alam sekitar. Dengan agenda-agenda yang berkualitas diharapkan akan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sleman.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Bidang Pembangunan Dra. Suyamsih, M.Pd, Kepala Bagian Humas Dra. Endah Sri Widiastuti, MPA, Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Camat Pakem Drs. Subagyo dan para kepala instansi di Kabupaten Sleman.

Adapun peserta yang beruntung memperoleh doorprize utama satu unit sepeda motor adalah Handi Sukmono dari Karang Ngadiharjo Borobudur Magelang, sedangkan yang memperoleh dua unit sepeda gunung adalah Ramsih Lestari dari Desa Wisata Pulesari Wonokerto Turi dan Kasiyem dari Plosokuning Turi.